Kuliner

23 Chef Dari Kota-kota Di Jateng, Adu Hebat Masak Berbahan Ikan

Written by Satrio Elang
SOLO - Sebanyak 23 chef adu hebat memasak dalam Solo Indonesia Culinary Festival yang digelar di Benteng Vastenberg, Solo, Jumat (8/4/2016) siang. Mereka saling berkompetisi memasak beragam menu berbahan dari ikan.

Ketua Panitia Chef Indonesia Traditional Cuisine Competition, Purwanto Yudho Nagoro mengatakan, para peserta berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Selain itu, peserta dari sejumlah Propinsi di Indonesia juga turut meramaikan kompetisi, seperti Papua dan Sumatera Selatan.

Para peserta dari kalangan hotel, restoran, sosiasi jasa boga Indonesia, produsen makanan, produsen alat alat masak, dan akademisi. Khusus dalam festival chef, bahan baku yang dipakai adalah ikan.

“Ini untuk mensukseskan program pemerintah yang tengah menggalakkan program Gemari (gerakan makan ikan),” ungkap Purwanto Yudho Nagoro di sela sela Festival Chef dalam rangka Solo Indonesia Culinary Festival di Benteng Vastenberg, Solo, Jawa Tengah Jumat (8/4) siang.

Meski hanya berbahan baku ikan, namun beragam menu masakan yang dapat disajikan. Bahan ikan dimasak berdasarkan kearifan lokal kuliner di masing-masing daerah asal. Makanan makanan lokal dapat dieksplorasi menjadi menu yang menggugah selera.

“Festival chef sekaligus mempromosikan Solo sebagai distinasi kuliner nomor satu di Indonesia,” terangnya. Terlebih Kementrian Pariwisata juga telah berjanji mempromosikan Solo ke ranah internasional.

Pihaknya berharap kekayaan kuliner dapat dipromosikan dan dibranding ke tingkat internasional. Dengan demikian, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara dapat terdongkrak.



(neg)
dibaca 3.628x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.