Health

4 Penyebab Bau Badan

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Bau badan dapat mengurangi tingkat percaya diri ketika beraktivitas. Bau badan merupakan masalah yang cukup mengganggu penampilan seseorang bahkan mengganggu lingkungan sekitar.

Bau badan bertambah kuat jika bercampur dengan kringat. Keringat ditubuh kita dihasilkan oleh kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat hampir diseluruh permukaan kulit dan keringat yang dihasilkan berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolisme serta mengatur suhu tubuh. Nah, bau badan tidak sedap yang dikeluarikan tubuh bisa disebabkan banyak hal. Berikut penyebab bau badan berlebihan.

1. Memiliki Bulu Lebih Banyak
Bau badan lebih berpotensi muncul pada orang-orang yang memiliki banyak bulu. Karena, kelenjar apokrin berfungsi untuk meminyaki rambut. Jika bulu di bagian tersebut banyak, kelenjar apokrin tidak dapat menguap sehingga menempel pada bulu atau rambut. Alhasil, bakteri punya kesempatan lebih lama memecah protein yang terkandung dalam kelenjar apokrin.

2. Mengkonsumsi Makanan Berbau Tajam, Pedas, dan Daging Merah
Ternyata makanan yang Anda konsumsi bisa memengaruhi bau badan, terutama makan berbau tajam seperti petai dan lain-lain. Sebab selain melalui urine atau feses, makanan juga dikeluarkan melalui keringat. Bau badan juga muncul akibat sering mengkonsumsi daging merah. Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging merah dipecah oleh amoniak sehingga keringat yang keluar dari tubuh menjadi bau. Demikian juga jika kita mengkonsumsi makanan pedas, karena suhu tubuh akan meningkat sehingga produksi keringat bertambah.

3. Tidak Menjaga Kebersihan Tubuh

Faktor terbesar seseorang memiliki bau badan tidak sedap adalah karena perilaku tidak sehat yang tidak menjaga kebersihan tubuh. Seperti  jarang mandi, tidak mengganti pakaian yang berbahan jins dalam waktu lama dan menggunakan baju tebal saat panas. Semua kebiasaan itu memberi kesempatan bakteri untuk memecah protein pada keringat sehingga menghasilkan bau badan.

4. Akibat Penyakit
Nah kali ini penyebab bau badan berlebihan adalah berasal dari penyakit. Salah satunya adalah diabetes. Hal itu disebabkan oleh gula darah yang kurang terkontrol. Sehingga terjadi kondisi ketoasidosis yang dapat menyebabkan bau badan.



(alv)
dibaca 2.843x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.