Health

5 Gejala Kanker Usus Besar

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Di Indonesia, kanker usus tercatat sebagai jenis kanker paling banyak ketiga dengan prevalensi sekitar jumlah 1,8 kasus setiap 100.000 penduduk. Namun, jenis kanker yang sering ditemukan pada usia 50 tahun ini kerap terdeteksi dalam kondisi stadium lanjut dengan peluang kesembuhan sangat rendah.

Ikatan Ahli Bedah Digestif Indonesia (IKABDI) dr Ibrahim Basir, SpB-KBD menjelaskan, bahwa penyakit mematikan ini memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai. Pasalnya, beberapa gejala yang timbul sama seperti penyakit lainnya. Berikut gejala kanker usus besar yang harus diwaspadai.

1. Kelelahan tanpa sebab
Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh sel kanker yang menyerap setiap nutrisi makanan yang dikonsumsi. Dalam beberapa kasus, jaringan kanker usus besar menyebabkan usus mengalami sumbatan. Akibatnya, perut terasa kembung dan gas terdapat di perut selama berhari-hari.

2. Penurunan berat badan drastis
Tak hanya menyerap nutrisi yang dikonsumsi, jaringan kanker juga akan menyerap masa otot yang menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.

3. Darah pada saat buang air besar
Penyumbatan usus besar (kolon) dan dubur (rektum) mengakibatkan adanya pendarahan dan lendir pada dubur. Tak hanya keluar lendir tapi juga memunculkan bercak darah saat buang air besar.

4. Perubahan pola buang air besar
Gejala lain dari kanker usus besar adalah perubahan pola buang air besar. Seperti sembelit yang disebabkan adanya penyumbatan akibat jaringan kanker.

5. Rasa tidak nyaman
Meski sudah buang air besar, pasien kanker usus besar tetap akan merasakan rasa tidak nyaman. Ini disebabkan oleh jaringan kanker membuat saluran pembuangan menyempit sehingga kotoran yang keluar sedikit serta berukuran kecil. Perut pun akan terasa begah dan ada perasaan tidak nyaman.



(nfl)
dibaca 12.507x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.