Health

5 Unsur Ini Penting & Wajib Dipantau Semasa Tumbuh Kembang Anak

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Pertumbuhan anak memang sangat penting. Oleh karenanya  pertumbuhan anak memang harus diperhatikan tumbuh kembang. Orang tua harus jeli dalam memilih nutrisi buat dikonsumsi anak.

Atas dasar itu, pakar tumbuh kembang dari RSAB Harapan Kita, Anna Tjandrayani, SpA(K), menyebutkan setidaknya, ada lima cara anak bisa tumbuh dengan sehat dan optimal.

Lima cara itu terdiri dari nutrisi, hormon, enzim , antibodi dan zat besi. “Nutrisi yang tepat dan lengkap menjadi dasar bagi tumbuh kembang yang optimal. Diantaranya adalah protein untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh serta bahan pembentuk hormon, enzim, dan antibodi,” beber Anna Tjandrayani di Jakarta, Selasa (13/10/2015).

“Sedang kandungan zat besi berguna untuk peningkatan konsentrasi, kecerdasan, pengendalian diri dan emosi, penerimaan serta pemrosesan informasi, hingga daya ingat si anak itu sendiri,” kata Anna Tjandrayani menambahkan.

Dari lima rahasia anak bertumbuh kembang secara optimal, nutrisi merupakan salah satu faktor yang paling penting. Oleh karenanya, tumbuh kembang anak bisa diukur dari beberapa faktor saat usianya dalam periode 1- 5 tahun.

“Pertumbuhan fisik yang diukur dari pertumbuhan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala, merupakan ciri anak yang bertumbuh dengan baik. Dalam rentang kurva pertumbuhan yang normal usia 1-5 tahun, pertumbuhan fisik paling pesat dialami anak pada usia 1-2 tahun," tutur Anna Tjandrayani.

Menurut Anna lagi, dari sisi perkembangan, anak yang berkembang dengan baik pada usia satu tahun sudah dapat mentransfer benda dari tangan ke tangan. Serta dapat mengambil dengan telapak tangan pada usia 15 bulan.

Plus anak itu sudah dapat berbicara dengan kata-kata yang dapat dimengerti pada usia dua tahun. "Pada dua tahun pertama usia anak, perkembangan otak juga terjadi sangat cepat," tandasnya.




(neg)
dibaca 3.110x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.