Info Menarik

Ahli Nuklir Jepang: Setiap Bulan Sekitar 50 Insiden Konversi Lalu Lintas Nuklir Yang Gelap Di Dunia – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Setiap bulan ada sekitar 50 insiden lalu lintas nuklir gelap di dunia melalui berbagai transportasi darat, laut dan udara. Oleh karena itu perlu untuk deteksi canggih bahan nuklir ketika ini.

"Setiap dua atau tiga hari atau sebulan sekitar 50 insiden pengalihan lalu lintas gelap bahan nuklir di berbagai tempat di dunia dan ini cukup mengkhawatirkan dan berbahaya ketika ini," kata Yosuke Naoi, Direktur Pusat Dukungan Terpadu untuk Nonproliferasi Nuklir dan Keamanan Nuklir (ISCN) tertanggal 9 Agustus 2017.

Dia mengatakan bahwa pemantauan sepatutnya dilakukan lebih ketat karena perpindahan bahan nuklir yang mudah di dunia ini akan semakin membahayakan perdamaian dunia.

"Deteksi bahan nuklir sepatutnya ditingkatkan lebih lanjut dan teknologi ini telah ada sepatutnya disebarluaskan lebih jauh ke berbagai negara untuk mendeteksi bkamura seperti itu karena mudah untuk keluar dari masyarakat dengan cepat daripada melalui laut."

Bila lalu lintas ditemukan di bkamura maka sepatutnya diproses lebih jauh, dari mana asalnya, "Harus diselidiki secara menyeluruh," katanya.

Sekarang ada identifikasi nuklir forensik untuk mendeteksi asal usul bahan nuklir karena ini ialah yang paling penting (mengetahui asal usulnya) untuk mencegah lalu lintas bahan nuklir di dunia ketika ini.

Untuk itu selain pentingnya kekuatan fisik penjaga, juga memerlukan komitmen pemimpin yang kuat terhadap masalah nuklir.

Pendidikan pelatihan untuk sumber daya manumur perlu dilakukan secara aktif sehingga bisa menciptakan inisiatif yang lebih bagus untuk mendeteksi aliran bahan nuklir di dunia.

Jepang sendiri ketika ini sangat prihatin dengan perkembangan terorisme di dunia terutamanya mulai menghubungkan nuklir juga.

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.