Health

Anak Gemuk Rentan Terserang Diabetes

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Anak-anak kecil yang berbadan gemuk memang menggemaskan. Tapi, di balik kegemasan itu, tersimpan bahaya yang tak kalah membuat khawatir. Mereka bisa terserang diabetes saat dewasa. 

Saat ini, diabetes bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Sebagian besar anak-anak menderita diabetes tipe 1. Ini dapat berubah menjadi diabetes tipe 2 apabila tidak terdeteksi gejalanya secara dini.

"Anak yang obesitas yang sudah gemuk dari kecil bisa kena diabetes. Ini karena si anak bentuk sel lemak yang besar. Saat dewasa nanti pun, sang anak mudah akan memiliki badan yang besar,” papar Ketua JDM 2014 dr. Dante S.Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD di Hotel Shangri-La, Jumat (19/12/2014).

Makanan dan minuman yang manis selalu menjadi favorit anak-anak. Sejak mengenal rasa, manis adalah rasa yang disukai anak. Sayangnya, dari makanan dan minuman yang di konsumsi anak itu dapat menjadi salah satu pemicu obesitas anak, terutama jika dikonsumsi berlebihan.

"Susu berlebihan bisa bikin anak obesitas. Anak yang gemuk memiliki kelainan pembuluh darah yang sudah dibawa dari kecil namun belum terlihat," ujar Dr.Dante.

Dia menambahkan, orangtua yang sudah memiliki riwayat diabetes dapat menular ke sang anak. "Kalau bapak, ibunya diabetes anaknya juga. Karena semua dari gen. Anak yang jarang gerak, makan banyak bisa diabetes,” pungkas dia.



(alv)
dibaca 3.203x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.