Health

Atasi Karies & Gigi Sensitif Dengan Clinpro White Varnish

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Penyakit gigi dan mulut merupakan permasalahan yang paling sering diderita oleh masyarakat. Diantaranya adalah gigi sensitif dan penyakit karies gigi atau yang dikenal dengan gigi berlubang yang biasanya dialami oleh masyaralat usia 12 tahun ke atas. Memahami permasalahan ini, 3M menawarkan solusi inovatif untuk perawatan kesehatan gigi dengan menggunakan Clinpro White Varnish.

“3M memahami bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat penting dan bersifat progresif sehingga jika terjadi permasalahan harus segera dilakukan perawatan dengan benar, seperti halnya gigi sensitif dan karies gigi. Sesuai prinsip Science that Protects, 3M menawarkan solusi terbaik untuk kesehatan gigi keluarga Indonesia dengan Clinpro White Varnish,” jelas Dwi Dessy Mediana, Director Health Care Market Center PT 3M Indonesia ketika ditemui di Kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Permasalahan gigi dan mulut masih sering ditemui karena masih kurangnya pemahaman masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik sejak usia dini. Perawatan yang paling mudah dilakukan adalah dengan membersihkan gigi secara benar untuk menghindari penumpukan kotoran yang menyebabkan berbagai permasalahan gigi seperti karies dan menambah sensitifitas gigi. Pembersihan dapat dilakukan dengan menyikat gigi yang benar, minimal dua kali sehari.

Untuk mengurangi masalah pada gigi, Ketua IDGAI Pusat Udijanto Tedjosasongko menambahkan, selain rutin menyikat gigi dan kontrol ke dokter gigi untuk memastikan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Tak hanya itu, tindakan preventif lain yang dapat dilakukan adalah perawatan dengan melapisi gigi menggunakan fluoride topical setiap enam bulan sekali dapat dilakukan untuk perlindungan yang lebih maksimal. Sehingga dapat mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula serta membantu menguatkan email gigi dan meredakan linu.

“Jadi Clinpro White Varnish ini dapat dikatakan sebagai salah satu solusi untuk gigi sensitive dan melindungi gigi dari karies atau gigi berlubang. Varnish ini harus digunakan di dokter gigi, jadi bukan seperti pasta gigi yang kita gunakan sehari dua kali. Ketika kita ke dokter gigi, biasanya kalau ada ngilu atau sensitive karena karies, kariesnya ditutup terlebih dulu, ditambal, baru dioleskan Varnish,” jelas Clifford Lang, Business Manager Oral Care 3M Indonesia yang juga menjelaskan bahwa dengan mengoleskan Varnish, gigi akan terlindungi hingga enam bulan.

Selain itu, melalui Clinpro White Varnish, 3M pun turut mendukung upaya ini dengan berpartisipasi dalam Pemeriksaan Karies Gigi dan Aplikasi Fluoride Topical Kepada 2.000 Siswa Sekolah Dasar pada tanggal 28-29 Oktober 2016 lalu di Batu, Jawa Timur. Kegiatan yang sejalan dengan program Kementerian Kesehatan yaitu Indonesia Bebas Karies 2030 ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya kesehatan gigi.

“Kami memiliki target untuk menekan permasalahan gigi dan mulut yang sangat merugikan di Indonesia, seperti penyakit karies gigi yang tidak hanya dapat mengakibatkan gigi tanggal tetapi juga dapat memicu penyakit-penyakit lainnya. Sebagai permulaan, kami mengawali kegiatan di wilayah Jawa Timur, karena prevalensi karies di Jawa Timur adalah salah satu yang tertinggi,” ungkap Sindy C. Nelwan, selaku Ketua IDGAI Jatim sekaligus Ketua Pelaksana Pemeriksaan Karies Gigi dan Aplikasi Fluoride Topical Kepada 2.000 Siswa.

Kegiatan di Batu, Jawa Timur tersebut turut mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dan mencetak rekor melalui kategori pemeriksaan karies gigi dan Aplikasi Fluoride Topical kepada siswa terbanyak.



(nfl)
dibaca 2.124x

Orang lain juga mencari:

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.