Ragam

Awas! Unfriend Teman Di Sosial Media Pengaruhi Umur

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh National Academy of Science mengungkapkan, bahwa hubungan pertemanan yang kuat bisa membuat umur menjadi lebih panjang. Hal ini pun tak hanya berlaku di dunia nyata, tapi juga dunia online atau media sosial.

"Kami menemukan bahwa pengguna Facebook yang menerima lebih banyak permintaan pertemanan (friend request) punya risiko kematian yang lebih rendah," papar peneliti dari University of California, William Hobb seperti dilansir dari NYdailynews.

Pernyataan tersebut pun terbukti melalui analisis data 12 juta pengguna Facebook di California selama lebih dari enam bulan. Selanjutnya, Hobb membandingkannya dengan data departemen kesehatan masyarakat pada tahun 2012-2013, khususnya terkait jumlah kasus kematian yang tercatat.

Hasil penelitian ini pun menunjukkan, bahwa risiko kematian paling rendah terjadi pada orang-orang yang memiliki level pertemanan tinggi di dunia nyata. Sementara, risiko kematian level sedang terjadi pada orang-orang dengan level pertemanan kuat di media sosial.

Hobb mengatakan, pertemanan di internet atau di dunia nyata sama-sama bisa memengaruhi kesehatan. "Orang-orang dengan jalinan pertemanan yang kuat di media sosial cenderung punya pertemanan yang sama kuatnya di dunia nyata," pungkasnya.



(nfl)
dibaca 2.022x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.