Health

BAB Berdarah? Waspadai Terkena Gejala Kanker Usus Besar!

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Waspada jika Anda menemukan bercak darah saat buang air besar (BAB). Pasalnya, hal tersebut tidak selalu menandakan gejala penyakit wasir tapi juga kanker usus besar. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak menganggap sepele.

"BAB keluar darah, dokter harus melakukan colok dubur. Harus memasukkan jarinya ke dubur untuk memeriksa," papar Ikatan Ahli Bedah Digestif Indonesia (IKABDI) dr Ibrahim Basir, SpB-KBD dalam temu media di Hotel Double Tree Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Umumnya kondisi ini disebabkan oleh jaringan kanker yang menyumbat usus besar (kolon) dan rektum (dubur). Akibatnya terjadi pendarahan dan lendir di rektum. "Jika sudah ada darah dan lendir pada saat buang air besar. Segera periksa ke dokter," sarannya.

Di Indonesia, kanker usus tercatat sebagai jenis kanker paling banyak ketiga dengan prevalensi sekitar jumlah 1,8 kasus setiap 100.000 penduduk. Namun, jenis kanker yang sering ditemukan pada usia 50 tahun ini terdeteksi dalam kondisi stadium lanjut dengan peluang kesembuhan sangat rendah.

Lanjut dr Ibrahim menjelaskan, colok dubur merupakan salah satu cara deteksi dini untuk mendeteksi adanya kanker usus besar. Meski terkesan sederhana namun, terbukti sekitar 60% kasus kanker usus besar bisa terdeteksi dengan metode sederhana ini.

"Kanker paling banyak ditemukan di perbatasan kolon (usus besar) dengan rektum (dubur). Jari tangan bisa menjangkau sedalam 7 cm. Penyebab penyakit ini mencakup riwayat keluarga, gaya hidup kurang olahraga, serta pola makan tinggi lemak dan kurang serat," kata dia.



(alv)
dibaca 5.473x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.