Kuliner

Baru Diperkenalkan, Ikan Patin Banyak Peminatnya

Written by Satrio Elang
SIDOARJO - Sebagai salah satu cara untuk mengajak masyarakat gemar makan seafood sekaligus agar dapat menyejahterakan para pembudidaya ikan, PT. Central Proteinaprima melalui produk-produknya di Fiesta Seafood menghadirkan pilihan Fillet Dory atau Fillet Patin yang lezat dan praktis untuk dimasak.

"Fillet patin ini ada sejak 3 tahun yg lalu. Baru domestik saja, ternyata kebutuhan domestik juga besar. Awalnya sudah ada pasarnya ketika dari Vietnam dikirim ke Indonesia. Sebanyak satu juga ton per tahun kalau di Vietnam itu. Tapi, dia kan pakai pemutih, kalau kita memang dari formula nya, white meat, jadi lebih alami, bukan kimia. Jadi patin dari Vietnam itu di banned sama Amerika," jelas Stephanie Endang, Assistant Vice President PT. Central Proteinaprima Tbk, di Sidoarjo, Jawa Timur.

Meski belum lama diperkenalkan ke masyarakat, namun ikan patin atau ikan dory ini nampaknya semakin memiliki banyak peminat.

"Di Indonesia, permintaan fillet patin sekarang ini cukup besar. Kita baru bisa supply 20-30 persen dari permintaan. Padahal masih tergolong baru. Pesaing selama ini ya dari Vietnam itu. Tapi karena faktor lain juga, seperti US dollar naik terus, dan sekarang kualitas kita juga sudah bisa menyamai vietnam. Kalo fillet patin ini tumbuh kita juga akan menyejeterahkan 75 petani (pembudidaya patin) di Jawa Timur," kata Stephanie .

Lebih lanjut Stephanie juga memaparkan, meski awalnya terasa sulit untuk melawan Vietnam, namun dengan bantuan para staff marketing dan sales yang terus mengedukasi ke market, akhirnya produk tersebut dapat terus diterima. Masyarakat pun sudah dapat menemukan beberapa produk fillet patin baik dari Fiesta Seafood, yakni Dory Stick yang telah dibalut tepung, maupun dari Frosh dan Golden Dory yang merupakan roduk fillet patin mentah.

"Permintaan fillet patin kini diakui memang semakin meningkat. Karena praktis ya, tinggal di defrost, dipotong-potong, setelah di marinated dengan garam dan jeruk nipis, dimasak sesuai keinginan. Kita juga ada yang Dory Stick, itu tinggal di goreng, disajikan sama kentang goreng dan mayones. Enak itu," tutupnya.



(nfl)
dibaca 1.865x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.