Health

Bolehkah Ibu Menjelang Persalinan Berpuasa?

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Menjelang persalinan, sebagian ibu kerap dianjurkan untuk berpuasa. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan, bahwa puasa menjelang persalinan bisa tidak dilakukan.

Penelitian ini mengungkapkan, bahwa menjelang persalinan ibu bisa mengonsumsi makanan yang tidak berat. Bahkan, hal tersebut diklaim bermanfaat bagi sang ibu.

Dokter kandungan di NYU Langone Medical Centre, dr Taraneh Shirazian mengatakan, aturan ibu untuk tidak makan dan minum menjelang melahirkan dipicu, karena makanan dan cairan bisa terhirup ke paru-paru.

"Risiko itu terutama bisa terjadi ketika ibu mendapat anestesi umum. Tapi, kini ada alternatif anestesi lain seperti epidural atau block spinal," papar dr Shirazian dilansir dari CBS News.

Sebuah studi yang dilakukan American Society of Anesthesiologists menunjukkan, sebagian besar wanita yang sehat bisa mendapatkan manfaat ketika mereka mendapat asupan menjelang melahirkan. Peneliti menyimpulkan, ibu yang akan melahirkan membutuhkan energi dan kalori yang sama seperti pelari maraton.

Namun ketika tidak mendapatkan energi yang cukup, mereka akan membakar cadangan lemak dalam tubuh. Akibatnya, hal ini bisa memicu berkurangnya kontraksi, durasi persalinan yang lebih lama, dan status kesehatan si bayi yang lebih rendah.

"Pada wanita yang memiliki risiko komplikasi rendah, konsumsi sejumlah cairan terutama air putih dan makanan yang bukan makanan utama tidak masalah untuk menambah cadangan energi mereka," ujarnya.

Oleh karena itu, pemberian makanan sebelum melahirkan bertujuan agar ibu tidak terlalu lapar ketika keluar dari ruang persalinan. Selain itu, diharapkan juga ibu bisa lebih fokus menyambut kehadiran si bayi, termasuk lebih siap menyusui. Meski demikian, pasien harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

"Pastinya harus dibicarakan kemungkinan proses bersalin nantinya bagaimana apakah dengan cara normal atau caesar, bagaimana kondisi kesehatan ibu dan bayi serta yang paling penting risiko yang bisa dialami ibu ketika ia mengonsumsi makanan atau minuman sebelum melahirkan," pungkasnya.



(nfl)
dibaca 3.555x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.