Ragam

Boneka Raksasa Les Grandes Personnes Tampil Di Bali Art Festival

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Dalam rangkaian Festival Printemps Français 2016, Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Alliance Française (AF) Bali yang bekerja sama dengan Bali Art Festival ke-38 menggelar pawai boneka raksasa Les Grandes Personnes pada tanggal 11 Juni 2016 mendatang di Pulau Dewata. Pawai boneka raksasa Les Grandes yang senada dengan tradisi seni patung raksasa Ogoh-ogoh di Bali ini akan menandai penutupan festival seni Prancis-Indonesia tersebut.

“Sebuah kehormatan bagi Prancis berpartisipasi dalam Bali Art Festival sekaligus menjadi penutup festival seni budaya Prancis—Indonesia Printemps Français 2016 yang menjadi wadah bagi pertemuan dan persahabatan kedua negara di bidang seni budaya serta arsitektur,” papar  Marc Piton, Direktur Institut Francais Indonesia dan Direktur Festival Printemps Francais 2016 melalui siaran media yang diterima Sindonews, Rabu (8/6/2016).

Sementara itu, Amandine Grisard, Direktur AF Bali, juga mengutarakan harapan dengan diadakannya pawai boneka raksasa yang nantinya juga akan bertemu dengan seniman Bali itu. “Kami berharap pertemuan ini dapat menginspirasi lahirnya kerjasama baru di masa depan,” kata dia.

Sanggar teater boneka Les Grandes dibentuk pada 1998 di Aubervilliers, Paris. Sanggar ini membawa kreasi seni pahat dan ukir multimedia (kertas, kayu, plastik) ke ruang publik dengan memadukan seni visual dan seni pertunjukan. Mereka memulai kreasi dengan membentuk dan menampilkan boneka raksasa setinggi 4 meter yang dipadukan dengan drama.

Seni boneka raksasa dari Prancis ini sebenarnya mirip dengan seni instalasi patung khas Bali bernama Ogoh-ogoh yang selalu dibuat dan diarak di jalan dalam rangka menyambut Hari Nyepi di Bali. Namun, cara permainannya lebih mirip kesenian Barong Landung khas Bali atau Ondel-ondel khas Betawi.

Dengan beranggotakan lebih dari 30 seniman mulai dari seniman visual, pelukis, aktor, pemain sirkus, dalang, penari, musisi, perancang busana dan lain-lain, Les Grandes Personnes berusaha memadukan seni visual dan seni pertunjukan, serta seni modern dan seni tradisional. Sehingga sebuah pertunjukan teater jalanan yang unik dan mencengangkan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Les Grandes Personnes telah berpartisipasi dalam berbagai festival di Prancis maupun negara lain. Bersama Institut Prancis setempat, Les Grandes Personnes turut membantu berdirinya sanggar teater boneka raksana di berbagai kota seperti Boromo di Burkina Faso, Suenos de Mach di Valparaiso, Chili dan Giant Match di Afrika Selatan serta Marionetas Gigantes di Maputo, Mozambik.



(alv)
dibaca 2.353x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.