Fashion

Cantik Dengan Padu Padan Batik Modern

Written by Satrio Elang
BANDUNG - Sebagai sebuah warisan budaya, kain batik menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia. Melalui proses pembatikan yang panjang dan khas, kain yang awalnya tidak memiliki nilai seni, menjadi kain yang penuh makna dan filosofi.

Namun, di kalangan generasi muda, batik seolah dinilai "kuno" lantaran kerap menjadi sebuah pakaian yang memiliki pakem kuat. Selain itu, kain ini juga dinilai tidak mengikuti kebutuhan dan trend zaman.

Anggapan ini seolah diruntuhkan, jika melihat desain, motif, dan pola yang disajikan dalam busana rancangan Karina Lucyawati. Wanita yang akrab disapa Lucyawati ini, sudah lama akrab dengan batik.

Kedua orang tuanya merupakan penjual batik-batik khas Jawa di Kota Bandung. Meski awalnya, tidak memiliki keahlian di bidang desain maupun pembatikan, namun dia sangat kagum dengan motif-motif natural yang ditampilkan oleh kain batik.

Dia pun melihat, minat anak muda saat ini terhadap batik terus meningkat, seiring dengan model-model busananya. Tak ingin ketinggalan, dia pun melakoni usaha baru dengan menjual dan terjun langsung dalam mendesain busana batik yang diberinya nama Rumah Batik Cipaku.

Desain yang dibuatnya, begitu beragam. Mulai dari desain pakaian yang kasual, semi formal, hingga long dress yang bahkan bisa dikenakan saat menghadiri pesta.

Misalkan saja untuk model kasual, dia padukan dengan atasan maupun bawahan yang terkesan "cuek" dan lebih  kekinian. Dalam balutan desain busana blouse Rahajeng, dia mendesain pola dasar kotak.

Dia menghadirkan busana batik pesisir dari Pekalongan, yang memiliki motif kontemporer. Warna broken white dan abu pada motif, begitu pas dengan pola dan desain yang ditampilkan. Motifnya yang lebih kontemporer, begitu kasual jika digunakan dalam keseharian.

Jahitan yang apik dan model desain yang nampak  asimentris, membuat desain busana batik ini lebih urban dan cocok jika dipasangkan dengan celana blue jeans. Paduan blue jeans yang robek-robek dan blouse yang asimentris, menjadikan busana batik terlihat lebih modern, kasual, dan gaya dalam berbagai kesempatan.

"Jika dulu pakai baju batik itu hanya pada acara-acara formal, kini dengan ragam busana yang variatif, busana batik juga bisa dipakai hang out, jalan-jalan ke mall, nongkrong, dan kegiatan keseharian lainnya. Selain tetap gaya dan mencintai ciri khas negeri sendiri, batik jika didesain dengan tepat, bisa sesuai dalam acara apapun. Semua  tergantung model desain dan motifnya. Tapi kita juga perlu ingat, bahwa ada beberapa motif batik yang memang digunakan pada acara-acara tertentu saja. Hal ini berkaitan erat dengan adat istiadat batik itu berasal," papar wanita lulusan Kedokteran Universitas Maranatha ini.

dibaca 5.810x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.