Info Menarik

Dalam Pidato Kenegaraan, Jokowi Tegaskan Tidak Ada Lembaga Yang Absolut – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dalam pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR, Presiden Joko Widodo kembali menyebutkan adanya institusi yang memiliki kekuasaan absolut.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa tidak ada lembaga absolut karena setiap institusi tinggi memiliki kedudukan yang sama di pemerintahan negara bagian dan memiliki fungsi untuk saling mengendalikan atau mengawasi

"Tidak ada lembaga negara yang memiliki kekuasaan absolut, memiliki kekuasaan lebih besar daripada lembaga negara lainnya," kata Presiden Jokowi dalam sebuah sesi yang diadakan di Gedung Nusantara, Kompleks MPR / DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Jokowi kemudian menyampaikan apresiasinya kepada lembaga tinggi negara untuk kekompakan yang telah terbangun.

"Di depan sesi terhormat ini, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan saya kepada semua institusi negara, atas solidaritas, sinergi dan kerja sama yang baik selama ini," kata Jokowi.

Presiden percaya solidaritas, bersinergi, dengan bekerja sama, tidak akan melemahkan tugas dan tanggung jawab konstitusional yang dijalankan oleh setiap institusi negara, namun justru memperkuat kita semua dalam memenuhi mandat rakyat.

"Dengan semangat persatuan Indonesia, lembaga negara dapat bekerja lebih baik, jika saling mengingatkan, saling mengontrol, saling menyeimbangkan dan saling melengkapi," kata Jokowi.

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.