Fashion

Delapan Tempat Terbaik Berbelanja Batik

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Batik memang memiliki daya tarik tersendiri. Sebagai UNESCO's Intangible Cultural Heritage, batik mampu memikat hati masyarakat dalam negeri dan luar negeri.

Nah bagi Anda yang bingung ingin membeli batik, berikut tempat terbaik untuk membeli batik yang dikutip dari Skyscanner.

1. Yogyakarta
Di kota ini, batik paling banyak dijual di sepanjang Jalan Malioboro. Mulai dari pedagang eceran di pinggir jalan, pedagang partai besar yang ada di dalam toko, batik cetak, print hingga batik tulis. Bagi Anda yang ingin melihat proses pembuatan batik, kunjungilah Kampung Taman (Kampung Batik)
yang terletak di sebelah barat Tamansari Water Castle, Yogyakarta. Di tempat ini Anda bisa melihat proses pembuatan batik tulis bahkan ikut belajar membuatnya.

2. Solo
Kota terbesar kedua di Jawa Tengah ini banyak dikunjungi oleh para pecinta batik. Di Solo terdapat dua tempat yang peling terkenal, yaitu Pasar Klewer dan Kampung Batik Laweyan. Selain berbelanja batik, Anda juga bisa mengunjungi House of Danar Hadi yang memamerkan koleksi batiknya yang telah berusia puluhan tahun. Museum ini terletak di Jalan Slamet Riyadi, tak jauh dari Taman
Sriwedari.

3. Semarang
Hampir seluruh batik yang diproduksi di Semarang bisa ditemukan di beberapa pusat perbelanjaan modern dan tradisional. Semarang juga memiliki batik khasnya, yaitu Batik Semarang. Salah satu tempat yang cukup terkenal untuk berbelanja batik khas Semarang adalah di Kampung Batik Semarang yang terletak di bundaran Pasar Bubakan, di belakang Hotel Jelita di Jalan Patimura.

4. Pekalongan
Sebelum batik dinobatkan sebagai warisan pusaka dunia dari Indonesia oleh UNESCO, Pekalongan telah lebih dulu mendapat sebutan sebagai Kota Batik, bahkan hasil produksi batiknya merupakan penopang utama perekonomian di Pekalongan. Menariknya batik Pekalongan telah diekspor ke berbagai wilayah seperti Australia, Amerika, Timur Tengah, Jepang, Cina, Korea dan Singapura.

Salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi untuk berburu batik Pekalongan adalah Pasar Grosir Setono yang terletak sekitar 3 km di sebelah timur pusat kota. Pasar ini terletak di Jalan Raya Baros yang merupakan Jalan Raya Cirebon-Semarang (Jalur Pantura).

5. Surabaya
Desain batik khas Surabaya memiliki konsep warna yang kuat dan berani. Batik Surabaya memiliki ciri khas seperti motif Kembang Semanggi, perahu khas Surabaya, serta ikan Sura dan Buaya. Selain itu banyak juga Batik Surabaya yang sudah teralkuturasi oleh nuansa-nuansa pecinan.

Selain di pusat-pusat grosir, Anda bisa membeli batik khas Surabaya di kampung batiknya yang terletak di Tambak Dukuh Timur. Menariknya, tempat ini tidak hanya membuka usahanya untuk membuat dan menjual batik, tetapi juga membuka kesempatan bagi pengunjung yang ingin mencoba membuat batik.

6. Madura
Di Madura, membatik merupakan budaya yang diwariskan turun-temurun. Bahkan sampai saat
ini, mereka masih mempertahankan cara pembuatan batik tradisional yang ditulis menggunakan bahan pewarna alami yang ramah lingkungan.

dibaca 8.766x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.