Kuliner

Dubes AS Meriahkan Demo Masak Kuliner Ramadhan

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, Kedutaan Besar Amerika Serikat menggelar demo masak kuliner Ramadhan bersama Duta Besar AS, Robert O. Blake, Jr dan koki terbaik dari Hotel DoubleTree by Hilton Jakarta. Acara ini sekaligus merupakan wujud nyata dari eratnya hubungan antara AS dan Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Duta Besar AS didampingi oleh chef Ahmad Nurseha menampilkan demo masak untuk tiga hidangan spesial Ramadhan yang dibuat dengan bahan dasar khas dari Indonesia. Namun juga dipadukan dengan bahan lain yang berasal dari Amerika Serikat.

Tiga hidangan yang dimasak kali ini adalah Beef Kalio with Natural Delights Medjool Dates, Asinan Jakarta with Apple Granny Smith, dan Sunmaid Raisin Klappertaart.

Menurut chef Ahmad, perpaduan bahan-bahan Indonesia dan Amerika ini dapat menambah citarasa masakan apalagi ketika dihidangkan saat momen berbuka puasa.

"Menu Kalio memang jadi favorit di DoubleTree sehingga kami pilih untuk menjadi menu Ramadhan. Kemudian ada asinan Jakarta, dan dessertnya Klappertaart. Asinan Jakarta sendiri menjadi lebih enak dengan tekstur renyah dari apel Granny Smith, kemudian kalau Kalio yang kami padukan dengan Medjool Dates dari Arizona membuat Kalio kaya rasa, ada gurih, pedas, dan sedikit rasa manis. Kalau klappertaart memang cocok dengan kismis" jelas chef Ahmad, di Hotel DoubleTree by Hilton, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Sementara itu, Duta Besar AS, Robert O. Blake, Jr mengatakan bahwa ia sudah cukup akrab dan sangat menyukai makanan serta rempah-rempah Indonesia.

"Banyak masyarakat yang tinggal di AS berasal dari berbagai negara berbeda. Dan kami di AS banyak mengonsumsi rempah-rempah dari Indonesia, seperti kayu manis, pala, cengkeh, dan tentunya kopi. Saya juga sudah banyak mencoba makanan Indonesia saat saya berkunjung ke berbagai tempat di Indonesia. Saya menyukai soto betawi dan rendang," jelasnya.

Selain itu, hadir pula Agriculture Counselor US Embassy, Ali Abdu turut berbagi cerita mengenai budaya dan hidangan yang disantap masyarakat muslim di Amerika Serikat ketika berbuka puasa.

"Di AS banyak variasi makanan untuk berbuka puasa, namun yang favorit itu memang kurma karena dapat mengembalikan energi. Selain itu aneka hidangan daging, kemudian kue-kue, kismis, almond. Mirip seperti di Indonesia," pungkasnya.



(nfl)
dibaca 5.359x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.