Info Menarik

Efisiensi Dan Konsolidasi Dalam Industri Teknologi Informasi Tidak Dapat Dihindarkan – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tren efisiensi dan konsolidasi industri teknologi informasi dan komunikasi (ICT) terlihat memicu berkurangnya jumlah pekerja. Ini menjadi konsekuensi logis yang tak bisa dihindari akibat perubahan skema bisnis.

Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Airlangga, Hadi Subhan, melihat pengurangan tenaga kerja yang tak terelakkan terlebih dikarenakan oleh kapasitas perusahaan.

"Ini seperti sebuah kapal yang pernah ada 2, sekarang tinggal 1. Pasti ada beberapa yang diturunkan daripada kelebihan beban dan kemudian menenggelamkan segalanya," katanya kepada wartawan, Ahad (13/8).

Pernyataan Hadi dihinggakan sebagai tanggapan atas arahan bisnis industri telekomunikasi dan teknologi informasi yang mengarah pada efisiensi dan konsolidasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pernah mengisyaratkan konsolidasi antar operator telekomunikasi.

Baca: Temukan Penyebab Kematian Johannes Marliem, KPK Tunggu Informasi dari Polisi AS

Isu tersebut kemudian berujung pada penghentian kerja (PHK) sebagai konsekuensi konsolidasi dan efisiensi antar operator telekomunikasi.

Hadi menjelaskan kapan konsolidasi merger atau akuisisi terjadi, aturan kerja terkait PHK semestinya dipahami secara berbeda dari kondisi normal.

Sebab, biasanya ada 2 situasi yang semestinya dihadapi. Pertama, karyawan tak mau bekerja di bawah kepemimpinan baru.

Dalam situasi ini, lanjutnya, PHK bisa saja dilakukan dengan pesangon maksimal 9 bulan upah, tak termasuk biaya dan tunjangan lainnya.

Source link

Orang lain juga mencari:

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.