Info Menarik

Fahri Hamzah: Jokowi Disebut Seorang Diktator Untuk Penerbitan Koleksi Pesanan Publik – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai, sebutan diktator tersebut memanggil sejumlah pihak terhadap Presiden Joko Widodo karena dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Perppu No. 2 tahun 2017 seputar Ormas.

Dia menanggapi pernyataan Jokowi bahwa dia ialah seorang diktator.

Fahri mengatakan, dalam hal penampilan dan wajah Jokowi jelas tak dipkamung sebagai diktator.

Namun, kebijakan penerbitan Peraturan Pesanan Publik, menurut Fahri, menyiratkan sisi otoriter Jokowi

"Dia membuat Perppu bukan undang-undang, dan dia membuat artikel yang memungkinkan pemerintah untuk menunjuk dan menjajarkan satu institusi, menghilangkan kebebasan," kata Fahri, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/08). / 2017).

"Hari ini korban organisasi massa, besok korban bisa menjadi media, besok korban bisa jadi partai politik, korban organisasi pengusaha organisasi intelektual, bisa," lanjut Fahri.

Dalam dua hari terakhir, Jokowi dua kali menyampaikan bahwa dia bukan seorang diktator.

Pertama, ketika bersilaturahim dengan cendekiawan dan mahasiswa Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (8/8/2017).

Jokowi meminta santri untuk tak takut naik ke panggung.

"Jangan takut, presiden bukan diktator," kata Jokowi.

"Sekarang dalam beberapa medos yang dihinggakan, Tuan Presiden Jokowi ialah seorang otoriter, diktator, wajah saya seperti wajah diktator," kata Jokowi.

Kemudian, ketika membuka simposium internasional bertajuk "Mahkamah Konstitusi sebagai Wali Ideologi dan Demokrasi dalam Masyarakat Plural" di Aula Universitas 11 Maret, Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/9/2017).

Presiden menegaskan, konstitusi tak memungkinkan kepemimpinan diktator di Indonesia.

"Mengacu pada konstitusi kita, tak ada institusi yang memiliki kekuasaan absolut, apalagi diktator semacam itu," kata Jokowi.

Berita ini Telah Diterbitkan di Kompas.com, dengan judul: Menurut Fahri Hamzah, Jokowi Disebut Diktator untuk Penerbitan Organisasi Perppu

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.