Health

Fakta Dan Mitos Seputar Diabetes 1

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Berdasarkan Internasional Diabetes Federation 2014, Indonesia menempati posisi ke 5 negara dengan jumlah diabetes tertinggi. Jumlah penderita diabetes di Tanah Air telah mencapai 9,1 juta jiwa.

Bahkan diperkirakan pada 2030 nanti penduduk Indonesia yang menderita diabetes mencapai 21 juta orang. Untuk itu, sangat penting menjaga pola makan sehat agar memiliki gula darah yang stabil.

"Diabetes menggerogoti tubuh pelan-pelan. Itulah mengapa, gula darah harus selalu dikontrol," papar pengurus komunitas penyandang diabetes usia muda, Dr. Mohammad Firas di Plaza Senayan, Jakarta.

Selain itu, ada beberapa mitos yang berkembang mengenai diabetes yang belum banyak diketahui. Berikut diantaranya.

1. Diabetes dilarang mengkonsumsi gula
Ini merupakan mitos. Faktanya, diabetes (penderita diabetes) memerlukan energi untuk beraktivitas sehari-hari dan gula merupakan salah satu sumber energi. Namun mengkonsumsi gula tetap tidak boleh berlebihan.

2. Diabetes merupakan penyakit keturunan

Hal ini merupakan mitos. Diabetes tipe 2 memang penyakit keturunan. Namun diabetes tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik, gaya hidup tidak sehat serta obesitas juga menjadi penyebab diabetes.

3. Olahraga tidak baik untuk diabetes
Ini merupakan mitos. Sebab, diabetes dianjurkan untuk berolahraga. Namun, untuk diabetesi yang memiliki komplikasi seperti neuropati berat atau pendarahan di mata, harus berhati-hati dalam berolahraga.

4. Diabetes tidak boleh ngemil
Pernyataan ini merupakan mitos. Pasalnya, diabetes dapat menikmati camilan dengan kandungan gula yang sedikit atau dibatasi. Namun, camilan yang dipilih harus sehat. Camilan berfungsi menjaga gula darah tetap stabil sehingga dapat mengontrol pola makan.



(nfl)
dibaca 2.337x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.