Info Menarik

Gunakan Benchmark Data Konsumsi Rumah Tangga, Kepala BPS Bantah Kekuasaan Masyarakat Miskin Buy – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan konsumsi rumah tangga pada kuartal II 2017 meningkat sebesar 4,95 persen. Bila dibandingkan kuartal I 2017 4,94 persen, jumlahnya naik tipis.

Berdasarkan data, Kepala BPS Kecuk Suharyanto, membantah adanya pengurangan daya beli masyarakat. Meski konsumsi rumah tangga pada kuartal II naik sedikit, Kecuk menegaskan pihaknya masih mengalami kenaikan konsumsi masyarakat.

"Jadi kalau ada yang bilang (daya beli) turun, sangat tak mungkin," kata Kecuk di Jakarta, Sabtu (12/12/2017).

Baca: Anies Baswedan: Siapa yang Masih Berbicara perihal Pilkada Tolong Ganti Kalender Aja!

Kecuk menjelaskan, di sektor makanan dan minuman disamping restoran pada kuartal II tahun 2017 sebesar 5,24 persen. Jumlah tersebut mengatakan Kecuk menunjukkan orang lebih suka mencari makanan di restoran daripada memasak di rumah.

"Di sektor restoran dan hotel ada indikasi gaya atau perilaku konsumsi agak berubah, orang lebih suka makan di restoran dan hotel," kata Kecuk.

Kecuk menambahkan faktor lain daya beli masyarakat yang masih nampak dari transaksi debit perbankan hingga 20 persen. Di sisi lain, persentase peningkatan penbisaan masyarakat meningkat.

"Artinya hanya kalangan menengah dan atas menahan pembelanjaan karena konsumen memiliki pertimbangan sendiri," terang Kecuk.

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.