Health

Hati-Hati, Merokok Bisa Mengubah DNA Secara Permanen!

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Merokok adalah satu penyebab utama sejumlah penyakit fatal seperti kanker dan penyakit jantung. Tapi, sebagian besarorang tidak tahu bahwa merokok juga mampu mengubah gen kita.

Tak hanya itu, merokok juga disebut memiliki dampak abadi terhadap DNA kita. Semua kesimpulan ini berhasil di dapatkan dari hasil evaluasi ujian terhadap sekitar 16.000 orang dalam 16 kajian.

“Pesan di sini adalah merokok punya dampak menyeluruh dan besar terhadap gen kita. Sebagian besar bisa dibalik, tapi sebagian besar tidak. Jadi, kalau Anda merokok, Anda akan mengubah gen Anda dengan cara yang tidak bisa dibalikkan sama sekali,” papar Dr Normal Edelman, penasihat ilmiah senior di American Lung Association, seperti dikutip TNN.

Ada pula kasus dimana bahkan setelah lima tahun berhenti, gen tidak bisa pulih secara sempurna—meninggalkan jejak gen. Menurut para periset, perubahan gen ini disebabkan methylation, yang merupakan proses perubahan DNA yang bisa mendeaktifkan gen atau mengubah fungsi yang menyebabkan penyakit seperti kanker.

“Kabar baiknya adalah begitu Anda berhenti merokok, mayoritas sinyal methylation DNA kembali ke level tidak pernah merokok setelah 5 tahun yang artinya tubuh Anda berusaha memulihkan diri dari dampak buruk merokok,” ujar Roby Joehaner dari Hebrew SeniorLife dan Harvard Medical School.



(alv)
dibaca 5.116x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.