Health

Hindari Ini! Agar Gigi Tidak Berlubang

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Di setiap keluarga seringkali terlihat menggunakan satu gelas bersama-sama, alat makan bersama-sama, dan yang lainnya. Hal ini ternyata sangat tidak dianjurkan karena dapat menularkan bakteri satu sama lain di dalam mulut yang dapat menyebabkan karies atau gigi berlubang. Menurut  Ketua IDGAI Pusat Udijanto Tedjosasongko, bakteri utama yakni streptokokus mutans akan muncul dan jika jumlahnya semakin banyak, maka akan membuat resiko karies menjadi semakin tinggi.

“Pokoknya sharing tools, kemudian kita memeluk dan mencium si anak dalam frekuensi dan intensitas yang sering. Penelitiannya sudah menunjukkan, siapapun orang yang terdekat dengan si anak, ketemu, momong, ngasih makan, dia yang berpotensi menularkan bakterinya. Dan umumnya itu ibu, dan itu sudah terbukti, bakterinya sama antara si ibu dan si anak,” jelasnya kepada Sindonews saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Drg. Udijanto menambahkan, bakteri streptokokus mutans ini lah yang menjadi penyebab utama gigi berlubang, Microorganisme itu satu dari empat faktor yang menyebabkan karies, dan bakteri ini utamanya. "Jadi kalau jumlah bakteri ini di dalam mulut seseorang, tinggi, maka resiko karies terhadap orang tersebut juga tinggi. Karena kemungkinan membuat bakteri ini menggerus giginya juga semakin tinggi,” jelasnya.

Selain menghindari hal tersebut, drg. Udijanto juga menyarankan untuk menghindari makanan manis seperti permen, cokelat, ataupun biskuit dengan isian selai yang cenderung lengket dan seringkali tersisa di gigi dan permukaan mulut. Hal ini menyebabkan bakteri tersebut memakan sisa-sisa gulanya dan membuat gigi menjadi berlubang.

“Hindari makanan yang manis. Bakteri kan membutuhkan makanan untuk hidup. Nah kalau ada gula atau glukosa yang nempel di gigi atau permukaan mulut, bakteri punya makanan yang banyak. Sehingga efek sampingnya saat gula dimetabolisme oleh bakteri ada hasil akhir asam yang muncul, yang sangat rendah ph nya, membuat email terurai, sehingga gigi berlubang,” pungkasnya.



(nfl)
dibaca 3.714x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.