Bahari Info Menarik Wisata

Indahnya Pantai Tapak Paderi Di Bengkulu

Pantai Tapak Padari
Written by Satrio Elang

Pantai Tapak Paderi merupakan objek wisata bahari yang lengkap, meliputi wisata pantai dan wisata sejarah. Tidaklah mengherankan karena memang pantai …

Pantai Tapak Paderi merupakan objek wisata bahari yang lengkap, meliputi wisata pantai dan wisata sejarah. Tidaklah mengherankan karena memang pantai ini merupakan andalan Wisata Bengkulu. Pantai ini langsung terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat sehingga menjadi keistimewaan tersendiri.

Provinsi Bengkulu yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia memiliki garis pantai yang panjang dan menawan. Jika Anda berkunjung ke Bengkulu maka wajib mengunjungi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat Bengkulu ini.

Pantai Tapak Padri pada awalnya merupakan pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu. Pantai ini juga sekaligus penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu saat itu yang berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough.

Pantai Tapak Padari

Di wilayah ini atas perintah Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffless dibangun benteng pertahanan dan juga pusat pemerintahan perwakilan Kerajaan Inggris. Benteng tersebut bagitu ternama di Nusantara yaitu Benteng Marlborough. Di pantai ini juga, terdapat kampung China yang yang dahulunya merupakan pusat.

Dari bagian atas Tapak Padri dapat Anda lihat keindahan laut Bengkulu. Pesona keindahan alamnyaseakantiada akhir.Matahari terbenam merupakan pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda juga dapat menikmati jagung bakar di pantai ini atau menggunakan perahu untuk menikmati suasana danau buatan yang terletak di pinggir pantai.

Pantai Tapak Paderi bersama dua obyek wisata lainnya yaitu Fort Marlborough dan Monumen Thomas Parr menjadi kawasan yang paling banyak dikunjungi masyarakat Bengkulu. Terutama saat bulan Ramadhan sambil menunggu terbitnya matahari pagi yang indah.

Pantai Tapak Paderi juga biasanya digunakan sebagai pusat Festival Tabot Bengkulu. Dalam festival ini Anda akan disajikan kemeriahkan pertunjukan seni, pasar, pameran kriya, aneka lomba, rebana, tari tabot, dan beragam acara seni lainnya.

Transportasi dari/ke Pantai Tapak Paderi

Pantai ini terletak sekitar 15 km atau sekitar 40 menit dari Bandara Fatmawati. Dari sini, Anda dapat menyewa mobil yang banyak ditawarkan di sekitar bandara (penduduk setempat menyebutnya sebagai taksi) dan membayar sekitar Rp75.000,00 hingga tiba di Tapak Paderi.

Pantai Tapak Padari bengkulu

Pantai Tapak Paderi lokasinya tidak jauh dari pusat kota Bengkulu, cukup ditempuh sekitar 10 menit dengan menggunakan mobil, minibus, taksi, ataupun sepeda motor.

Yang Dapat Dilakukan di Pantai Tapak Paderi

Memandang Matahari terbenam merupakan salah satu daya tarik Pantai Tapak Paderi. Rona warna keemasan Matahari saat terbit atau terbenamnya akan menjadi kenangan indah terabadikan dalam siluet kamera. Nikmatilah berjalan-jalan sekitar pantai sambil sesekali menikmati deru air laut berbuih di kaki Anda dan membenamkannya bersama pasir yang halus.

Anda dapat berjalan hingga ke Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Keidahan kedua pantai ini tidak kalah indahnya. Pantai Panjang terkenal dengan garis pantainya yang panjang, pasir putih halus, dan pepohonan cemara yang rindang melambai-lambai diterpa angin laut. Disekitar pantai ini terdapat hotel, cottage, restoran, jogging track,kolam renang, dan kios cinderamata. Di Pantai Jakat yang bersih ini, Anda bisa menyewa jetski dan banana boat. Di sepanjang pantai ini terdapat penjual jangung dan pisang bakar khas Bengkulu atau membeli langsung hasil tangkapan dari nelayan.

Untuk wisata sejarah, Anda bisa berkunjung ke Benteng Marlborough. Benteng ini merupakan benteng pertahanan Inggris di pantai barat Pulaus Sumatera. Di dalam benteng ini terdapat ruang tahanan, gudang senjata, kantor, beberapa meriam, ruang perlidungan, terowongan sepanjang 6 meter, dan makam prajurit Inggris.

Tempat Makan di Pantai Tapak Paderi

Seafood merupakan makanan favorit di sini, kebanyakan dibakar bersama bumbu khas. Martabak juga merupakan salah satu makanan kegemaran orang Bengkulu. Untuk kuliner disekitar pantai maka Anda bisa menikmati jangung dan pisang bakar khas Bengkulu.

Pantai Tapak Padari di bengkulu

Tempat Menginap di Pantai Tapak Paderi

Karena lokasi Pantai Tapak Paderi strategis, membuat Anda mudah untuk mendapatkan akomodasi. Berikut ini beberapa hotel yang bisa menjadi referensi.

Hotel Raffles City Raffles City
Jl. Pariwisata No. 1, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: 0736-27173/25762/25099
Fax: 0736-25728

Hotel Nala Sea Side Cottage
Jl. Pariwisata No 2, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: 0736 344855

Hotel Puri Bidadari Beach
Jl. Pariwisata No 4, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: 08153923777

Hotel Permata Gading
Alamat : Jl. Pantai Nala No 133, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: 0736 21855

Hotel Pasir Putih Resort
Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: 0736 25338

Hotel Grand Marina
Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: 0736-5611001

Hotel Malibu Beach Hotel
Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: 0736-5611001, 0736-5611183

Hotel Empang Wisata
Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: 0736 26309

Tempat Belanja di Pantai Tapak Paderi

Lokasi Tapak Paderi yang berada di Kota Bengkulu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan toko suvenir dan fasilitas penunjang wisata lainnya.

Di sepanjang jalan Pantai Tapak Paderi Bengkulu, Pantai Panjang, dan Pantai Jakat dapat Anda temukan deretan kios penjual cederamata dan oleh-oleh khas Bengkulu.

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.