Health

Influenza Pada Lansia Berdampak Buruk

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Menurunnya daya tahan tubuh kelompok lanjut usia (lansia), membuat mereka mudah terserang infeksi. Influenza merupakan salah satu infeksi yang kerap menyerang para lansia.

Influenza dapat menular saat berbicara, batuk dan bersin. Parahnya, virus ini dapat menular sejak satu sampai dua hari sebelum gejala influenza muncul.

"Virus influenza memang termasuk yang paling menular. Bahkan virus ini sudah bisa menular sejak satu sampai dua hari sebelum gejala influenza muncul," papar Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Siti Setiati di Cikini, Jakarta.

Lebih lanjut Siti menjelaskan, dampak influenza yang diderita lansia dikategorikan sangat berat. Pasalnya, lansia dapat dengan mudah terserang kuman, seperti pneumokokus yang menyebabkan radang paru atau pneumonia.

"Influenza pada lansia juga dapat memperberat penyakit kronis yang diderita sebelumnya, seperti jantung, paru-paru, ginjal, hingga diabetes mellitus. Ini sangat berkontribusi terhadap angka kematian dan penurunan produktivitas," terangnya.

Sebagai bentuk pencegahan, Siti pun menganjurkan para lansia melakukan vaksinasi influenza setiap tahun. "Karena dampak yang ditimbulkan akibat influenza ini sangat besar, bagi yang berusia di atas 50 tahun sebaiknya memang melakukan vaksinasi setiap tahun," pungkasnya.



(nfl)
dibaca 2.063x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.