Music

Ini Tahapan Yang Harus Dilalui Peserta Rising Star Indonesia 2

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Big Audition Rising Star Indonesia Season 2 telah digelar di lima kota besar, yaitu Yogyakarta, Medan, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Peserta yang terpilih pada babak audisi tiap kota akan lolos ke Jakarta untuk mengikuti tahap berikutnya, yakni room audition.

"Ini pertama kalinya babak Room Audition diadakan, formatnya sama seperti judging Indonesian Idol, tetapi tanpa antrean," papar Head of Media Relations RCTI, Rori kepada Sindonews di Studio RCTI, Kebun Jeruk, Jakarta, Minggu (16/10/2016).

Di room audition, juri akan memilih kontestan yang berhak lolos ke babak live audition. Sama seperti season pertama, penentuan lolos atau tidaknya peserta pada babak ini ditentukan melalui aplikasi.

"Aplikasi nanti bisa di download di Google Play. Sementara expert hanya bisa menambah atau tidak poin kontestan," kata Rori.

Dalam babak live audition, masing-masing kontestan akan akan bernyanyi di belakang sebuah layar besar interaktif. Ketika jumlah suara yes kontestan mencapai 70%, maka layar akan naik dan lolos ke babak berikutnya. Selain suara dari penonton di rumah, ke empat expert juga akan menambah total kontestan sebanyak 7%.

"Selanjutnya babak live duel. Kontestan yang lolos ke babak ini akan dipasangkan oleh para juri. Kontestan pertama yang tampil ditentutakan melalui lempar koin dan menyanyi dalam keadaan layar terangkat tapi kontestan kedua dalam keadaan tertutup. Kalau jumlah suara kontestan kedua lebih tinggi dari pertama, layar akan terangkat dan kontestan kedua lolos dan kontestan pertama tereliminasi dan sebaliknya," papar Rori.

Selain itu, kontestan yang tereliminasi dengan jumlah suara tertinggi akan diberi kesempatan untuk lolos ke babak berikutnya. Suara expert ikut mempengaruhi hasil pemilihan suara peserta sebesar 7%.

"Dua atau tiga kontestan yang sudah lolos dari babak duel awal harus berduel lagi di babak live duel dengan tujuan mengerucutkan jumlah kontestan. Fasilitas wildcard dari expert tetap tersedia di babak ini," tutur dia.



(alv)
dibaca 3.576x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.