Music

Iwan Fals Ajak Warga Jaga Gunung Lawu

Written by Satrio Elang
KARANGANYAR - Merayakan Ulang Tahun ke-98 Kabupaten Karanganyar, pemerintah daerah setempat menggelar sebuah konser tunggal Iwan Fals di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Sabtu (28/11/2015). Konser yang dihadiri ribuan orang itu sekaligus menjadi ajang kampanye lingkungan.

Sejumlah lagu hits Iwan dinyanyikan dalam konser yang dihadiri oleh ribuan fans Iwan yang sering disebut Orang Indonesia (Oi) tersebut. Mulai dari Bangunlah Putra-Putri Pertiwi, Bento hingga Bongkar dinyanyikan oleh ayah tiga anak tersebut. Bahkan pria yang akrab disapa Bang Iwan itu juga menyanyikan Lagu Langgam Lawu yang diciptakan atas kekaguman akan keindahan Gunung Lawu.

Setidaknya ada lebih dari 15 lagu dibawakan oleh musisi gaek itu. Semuanya mampu membuat Oi dari berbagai penjuru yang datang terpana dengan penampilannya.

Dalam konser tersebut Iwan berpesan agar masyarakat Kabupaten Karanganyar menjaga dan melestarikan Gunung Lawu. Menurut dia,  melestarikan alam merupakan tindakan yang baik untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan. Semakin banyak orang yang peduli maka keseimbangan alam akan semakin terjaga.

Dia juga berharap kepada masyarakat untuk menanam pohon di lereng Gunung Lawu. Hal itu sebagai upaya penghijauan gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu setelah sebelumnya terbakar akibat panasnya musim kemarau.

Selain itu dia meminta kepada setiap masyarakat Indonesia untuk memperbanyak menanam pohon di manapun mereka berada. Menurut dia, semakin banyak pohon yang ditanam, maka semakin banyak pula manfaat yang didapatkan. “Setiap daun-daun dari pohon yang tumbuh itu akan selalu bertasbih kepada Allah SWT,” ucap Iwan.

Tak hanya mengajak menanam pohon saja, dia juga minta kepada masyarakat untuk mulai peduli terhadap sampah. Kepedulian itu bisa dilakukan dengan memulai membersihkan sampah yang ada di sekitar secara mandiri. Dengan seperti itu, permasalahan sampah bisa teratasi lebih dini sebelum sampah menumpuk dimana-mana.

“Kepedulian itu dimulai dari diri sendiri, dari sikap sederhana kita membuang sampah pada tempatnya nantinya akan berefek yang luar biasa bagi lingkungan,” kata Iwan.

Sementara itu Bupati Karanganyar mengatakan diundangnya Iwan Fals dalam acara Hari ulang tahun disebabkan karena yang bersangkutan cukup giat dalam kampanye lingkungan. Sehingga hal itu cocok dengan Kabupaten Karanganyar yang saat ini masih melakukan penataan lingkungan. Ia berharap pesan-pesan yang disampaikan oleh Iwan Fals dilakukan oleh masyarakat Karanganyar, sehingga nantinya kota tersebut akan semakin asri.

Sebelum melakukan Konser di Alun-alun, musisi yang lantang menyanyikan lagu kritik sosial itu terlebih dahulu menanam pohon di Lereng Gunung Lawu cemoro Kandang. Saat penanaman tersebut Iwan juga menyatakan sikapnya yang menolak eksplorasi Gunung Lawu oleh Kementerian Ekonomi Sumber Daya Mineral (ESDM) jika hal itu justru menimbulkan kerusakan lingkungan.

dibaca 4.794x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.