Health

Jadi Ayah Sebelum Usia 25 Tahun, Rentan Meninggal Cepat?

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Bagi pasangan suami istri, memiliki anak merupakan hal yang membahagiakan. Namun sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa pria yang memiliki anak sebelum usia 25 tahun rentan mengalami kematian lebih cepat.

Parahnya, risiko ini semakin besar jika bersamaan dengan keadaan ekonomi, lingkungan keluarga dan faktor gen yang dibawa sejak lahir.

"Temuan ini bisa memberikan dampak positif untuk para ayah muda agar bisa lebih menjaga kesehatan di masa depan," papar peneliti dalam Journal of Epidemiology & Community Health yang dilansir dari Zeenews.

Dalam melakukan penelitian ini, para peneliti melibatkan 30.500 pria yang lahir antara tahun 1940 sampai 1950. Sementara data kematian yang digunakan dari tahun 1950-2005, dari hasil sensus negara Finlandia.

"Berdasarkan penelitian tersebut, menunjukkan bahwa pria yang menjadi ayah di usia 22 tahun berisiko 26% lebih tinggi mengalami kematian di usia pertengahan dibanding mereka yang memiliki anak pada usia 25 atau 26 tahun," ujarnya.

Namun, pria yang menikah dan memiliki anak pada usia 30-40 tahun memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan mereka yang menjadi ayah di usia 25-26 tahun.

"Fenomena ini juga akan memengaruhi kesehatan dan perilaku anak dari ayah muda, meskipun membutuhkan penelitian lebih lanjut," pungkasnya.



(nfl)
dibaca 2.617x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.