Health

Jomblo? Awas Risiko Penyakit Jantung & Stroke Mengintai

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of York, University of Liverpool dan Newcastle University menunjukkan, bahwa hidup tanpa pasangan atau jomblo tak hanya menyebabkan rasa kesepian tapi juga masalah kesehatan. Salah satunya menderita penyakit jantung dan stroke.

Dilansir dari Independent, peneliti melibatkan 181 ribu orang dewasa, di mana 4.28 responden di antaranya adalah penderita jantung koroner dan 3.003 penderita stroke. Hasil penelitian pun menunjukkan, bahwa jomblo berisiko mengalami penyakit jantung koroner hingga 29% dan stroke sebesar 32%.

"Temuan kami mengindikasikan bahwa upaya untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke dapat mengambil manfaat dengan mempertimbangkan aspek kesendirian dan isolasi sosial,"  papar peneliti.

Hasil penelitian ini pun akan menjadi perhatian para tenaga medis apakah pasien mereka merasa kesepian atau tidak. Cara ini pun bisa membuat para medis untuk mempertimbangkan apakah pasien berisiko mengalami penyakit jantung dan stroke.



(nfl)
dibaca 2.391x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.