Music

Kata Ahmad Dhani, Bikin Dewa 19 Itu Pekerjaan Berat

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Para fans setia Dewa 19 tampaknya harus bersabar untuk bisa menyaksikan kembali aksi band kesayangan mereka ini. Pentolan band tersebut, Ahmad Dhani, belum berniat membentuk ulang grup tersebut.

Dhani mengakui, membentuk ulang Dewa 19 bukanlah perkara mudah. Baginya, lebih mudah membuat grup seperti Mahadewi, seperti yang sedang dia lakukan sekarang.

Menurut Dhani, meregenerasikan Dewa 19 bukan sesuatu yang gampang. Banyak yang harus dipertimbangkan jika dia ingin membentuk ulang Dewa 19.

"Saya belum tahu mau bikin apa enggak. Soalnya Dewa 19 adalah pekerjaan berat buat saya," ujar Dhani.

Salah satu kesulitannya untuk membentuk ulang Dewa 19 adalah vokalis. Tidak mudah mendapatkan pengganti Ari Lasso atau Once. Dan, menemukan pengganti mereka itu adalah ujian berat bagi Dhani untuk membentuk ulang band tersebut.

"Susahlah cari kayak Ari Lasso dan Once itu. Makanya saya lebih milih buat Mahadewa kan?" katanya.

Menurut dia, Dewa 19 sudah cukup mendapatkan nama dan menjadi band legendaris. Jika pun ingin kembali membentuknya, Dhani ingin dia dibayar mahal.

"Ya, cukup jadi band legendaris aja. Pokoknya enggak mau, kecuali ada hal yang di luar dugaan, kayak bayaran mahal," tutur dia.

Dewa 19 dibentuk di Surabaya pada tahun 1986. Personel aslinya adalah Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Wawan Juniarso dan Erwin Prasetya. Pada 1991, Ari Lasso bergabung sebagai vokalis.

Selama kariernya, band ini sudah berkali-kali bongkar pasang personel. Sebelum dinyatakan bubar pada 2011, band ini beranggotakan Dhani, Andra, Agung Yudha, Yuke dan Once. Mereka juga telah menelurkan 8 album.



(alv)
dibaca 11.599x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.