Music

Keith Richards Sebut Album Sgt. Pepper Sebagai Sampah

Written by Satrio Elang
LONDON - Keith Richards, bukanlah pencinta album fenomenal The Beatles, Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Esquire, gitaris The Rolling Stones itu mengolok album yang dirilis pada 1967 itu dengan menyebutnya sebagai sampah.

Sgt. Pepper adalah album kedelapan The Beatles. Album ini telah memenangan sejumlah Grammy Awards dan masuk ke sejumlah daftar album terbaik sepanjang masa.

“The Beatles itu hebat ketika mereka berda di The Beatles. Tapi, tidak banyak akar di musik itu. Saya kira mereka terhanyut. Kenapa? Kalau kalian The Beatles pada tahun 60an, kalian terhanyut—kalian lupa apa yang ingin kalian lakukan. Kalian mulai melakukan Sgt. Pepper,” papar Keith kepada majalah itu.

Dia kemudian menyebut album itu sebagai sampah. “Sejumlah orang menganggap itu adalah album jenius. Tapi bagi saya, itu adalah sampah, seperti Satanic Majesties. Kalau kalian bisa membuat setumpuk sampah, maka kami juga bisa,” tutur gitaris berusia 71 tahun itu merujuk album The Rolling Stones bertajuk Their Satanic Majesties Request, yang dirilis hanya beberapa bulan setelah Sgt. Pepper diluncurkan.

Keith saat ini bersiap untuk merilis album solo pertamanya dalam 23 tahun. Berjudul Crosseyed Heart, album berisi 15 lagu itu sebagian besar ditulis bersama rocker dan co-produser veteran Steve Jordan. Dalam album itu, Keith memainkan gitar listrik dan akustik, bass dan piano. Album ini akan dirilis pada 18 September mendatang.



(alv)
dibaca 1.835x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.