Info Menarik

Ketahui Penyakit Diabetes: Mulai Sebabkan, Gejala, Cara Mencegahnya – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNERS – Diabetes melitus merupakan penyakit yang dikarenakan oleh kadar gula darah tinggi.

Diabetes juga bisa dianggap sebagai penyakit yang dikarenakan oleh kelalaian reaksi kimia dalam hal penggunaan karbohidrat, lemak, dan protein yang tepat dari makanan karena kekurangan pengeluaran atau kekurangan insulin.

Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Gula darah tinggi merupakan jikalau kadar gula darah pada dikala puasa lebih dari 126 mg / dl dan pada dikala tak cepat lebih dari 200 mg / dl

Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg / dl pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula atau karbohidrat lainnya. Kadar gula darah normal cenderung meningkat sedikit tapi lebih lama setelah umur 50, terlebih pada orang yang tak aktif secara fisik.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan diabetes melitus secara umum:

1. Faktor Genetika
Penyebab diabetes yang bisa terjadi salah satunya merupakan karena kehadirannya. Faktor genetik. Karena memiliki keluarga yang juga menderita diabetes maka dari memiliki probabilitas tinggi untuk menderita diabetes. Oleh karena itu, jikalau Anda memiliki riwayat diabetes maka juga mungkin menderita diabetes jikalau tak menjaga kesehatan dan kadar gula darah

2. Faktor berat (obesitas)
Berat Memang bisa mempengaruhi kesehatan, karena berat badan pun bisa menjadi penyakit, dan diabetes bisa terjadi akibat berat badan. Memiliki berat badan yang besar atau berlebihan memiliki kemungkinan menderita diabetes salah satunya. Makanya penyebab diabetes bisa dikarenakan oleh berat badan.

3. Faktor Makanan
Penyebab diabetes bisa terjadi akibat makanan yang dikonsumsi, jikalau sering mengkonsumsi makanan tak sehat seperti makanan yang mengandung lemak tinggi atau bahkan memiliki kandungan gula manis yang banyak. Bisa menjadi penyebab diabetes. Karena itu jaga agar asupan makanan tetap bagus agar tak mengalami kenaikan kadar gula darah.

4. Faktor Merokok
Rokok merupakan sumber penyakit, dan rokok bisa menjadi penyebab diabetes dan oleh karena itu penggunaan rokok dilarang dan tak bagus untuk digunakan.

Gejala Diabetes Mellitus Secara umum:

– Rasa haus yang berlebihan (polidipsia)
– Sering berkemih dengan volume besar
– Merasa lapar luar biasa (polifagi )
– Sering kehabisan tenaga.
– Beberapa penderita diabetes telah menunujukkan gejala infeksi pada kulit
– Gangguan penglihatan atau penglihatan menjadi kabur (rabun dekat ayam)
– Kehilangan berat badan
– Hyperglaisimia Adalah peningkatan kadar gula darah yang tak normal

Cara Mencegah Penyakit Mellitus Diabetes

Jika Anda telah tahu penyebab diabetes, sangat mudah untuk mencegahnya, oleh Berangkat dari penyebab diabetes S maka akan mencegah diabetes.

Mengubah gaya hidup lebih bagus maka bisa menolong mencegah diabetes dan akan mencegah kenaikan kadar gula darah.

Jika menjaga kadar gula darah Anda stabil maka bisa menolong mencegah diabetes. Cara menjaga agar gula darah tetap normal dengan menjaga asupan makanan.

Makanan dan makanan manis memiliki kandungan lemak tinggi dan tak dikonsumsi karena bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Itu dari beberapa penjelasan perihal penyebab penyakit diabetes mellitus yang bisa kami hinggakan. Semoga bermanfaat.

Read More

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.