Fashion

Koleksi Batik Terbaru Tampilkan Rancangan Trendi Perancang Lokal

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-71, PT Metropolitan Retailmart menampilkan koleksi batik terbaik Indonesia. Koleksi ini hadir dari perancang busana lokal dengan beragam model yang trendi.

Di antaranya Alleira, Batik Semar, Danar Hadi, Parang Kencana dan Batik Keris. Dalam kesempatan ini, Metro juga menghadirkan Anton Diaz, pakar batik yang berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai batik.

"Pengertian batik adalah teknik menghias kain atau tekstil dengan menggunakan lilin sebagai bahan perintang warna. Koleksi batik di Indonesia sangat beraneka ragam, menampilkan filosofi, corak dan warna yang khas tergantung lingkungan dan budaya yang mempengaruhinya," papar Anton dalam acara Metro Afternoon Tea at Three di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Sementara untuk merawat batik, Anton menjelaskan, idealnya dilakukan dengan cara prawatan tradisional, yakni dengan menggunakan bahan pencuci yang berasal dari alam. Hal ini pun berlaku baik untuk baju batik dan kain batik.

"Tidak di dry clean atau laundry. Apalagi kalau agak kuno tahun 70-an. Karena dipakai warna alami dan katun lebih halus jadi harus dicuci dengan lerak. Jangan langsung dijemur di bawah matahari karena akan pudar warnanya. Untuk kain batik, jangan dilipat tapi digulung. Pakai pralon dan kertas roti terus ditaburi biji lada. Itu akan mematikan kutu," pungkasnya.

Acara ini juga dihadiri ahli teh, Ratna Somantri yang mengungkapkan cara dan menikmati teh sesuai acara yang dihadiri.



(alv)
dibaca 3.549x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.