Kuliner

Mencicipi Inovasi Mi Instan Dan Lezatnya Uwel-Uwel Di What's Up Cafe

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Berawal dari hobi menjajal berbagai makanan dan jajanan masa kini saat masih duduk di bangku kuliah, Ayu Zulia Shafira bersama seorang rekannya memiliki ide menarik untuk membuat makanan dan jajanan pinggir jalan seperti mi instan, roti bakar, dan lainnya menjadi makanan yang sedikit lebih ‘berkelas’ namun dengan harga yang tetap ramah di kantong. Di kafe bernama What’s Up Cafe ini, dia menjajal mi instan untuk dimodifikasi menjadi makanan lezat.

Meski menu utama di kafenya ini adalah menu mi instan, namun Ayu menyajikan hidangan mi instan yang berbeda dari biasanya. Dia menyajikan mi instan dengan versi yang lebih sehat, yakni tanpa menggunakan bumbu instan yang terdapat di dalam kemasan mi tersebut. Brand yang dipakai di kafe ini adalah Indomie.

“Awal berdiri itu Mei tahun ini. Jadi saya berdua sama partner saya, Ivan. Dia ini senior saya. Kita sama-sama suka makan gitu kan, waktu itu lagi keliling-keliling terus ketemu tempat roti bakar di daerah Jakarta Barat, dia modelnya lesehan gitu. Nah, terus kita kepikiran kenapa nggak bikin konsep ‘naik kelas’. Jadi kayak jajanan-jajanan roti bakar, Indomie, konsepnya dibikin kayak naik level gitu, baik dari segi makanannya maupun segi tempatnya. Pengen lebih menyediakan tempat hang out yang murah, tapi berkelaslah,” papar Ayu kepada Sindonews beberapa waktu lalu.

Keduanya lalu melakukan riset dan menemukan bahwa mi instan masih menjadi favorit di kalangan masyarakat. Meski begitu, masalah kesehatan yang disebut diakibatkan oleh bumbu mi ini membuat khawatir Ayu dan Ivan. Keduanya pun putar otak.

“Ya, udah deh bumbunya nggak usah dipakai, cuma awalnya agak riskan juga karena lidahnya orang Indonesia kan sudah terbiasa dengan rasa (bumbu) Indomie itu sendiri. Tapi ternyata setelah riset lagi, animonya lumayan, orang-orang pada suka, dan mereka malah bilang rasa mi kita unik, nggak ada di tempat lain,” ujar Ayu.

Untuk varian rasa Indomie yang disajikan What’s Up Café sendiri memang cukup beragam. Mulai dari rasa ala Western seperti Indomie Burger Steak, Indomie Carbonara, dan Indomie Bolognese, hingga cita rasa Asia seperti Indomie Miso Ramen, Indomie Blackpepper Beef, dan yang kerap menjadi favorit adalah sajian Indomie Oseng Mercon yang pedasnya begitu menggugah selera.

1. Indomie Oseng Mercon
Indomie Oseng Mercon What's Up Cafe
Baru membaca menunya saja, Anda mungkin sudah bisa membayangkan seperti apa rasa mi ini. Yang jelas, bagi yang tidak suka makanan pedas, sebaiknya jangan mencobanya.

 “Kalau dari rasa-rasanya, konsep kita citarasanya memang mancanegara sih. Tapi yang best seller kita di sini Oseng Mercon kalau dari Indonesianya, terus ada Blackpepper Beef. Jadi memang, Indomie sendiri kan memang udah internasional juga, jadi kita pengen bisa memadukan Indomie sama rasa-rasa internasional,” ujar Ayu.

Bagi Anda pecinta makanan pedas, pastikan jangan sampai melewatkan menu yang satu ini jika mampir ke What’s Up Café. Perpaduan mi instan dengan kuah segar dan potongan kikil sapi yang telah ditumis bersama dengan cabai rawit terasa pas ketika disantap saat musim hujan seperti ini. Selain dapat melegakan tenggorokan, Indomie Oseng Mercon juga mampu menambah selera makan Anda. Satu porsi mi super pedas ini dibanderol dengan harga Rp18.000.

2. Indomie Blackpepper Beef
Indomie Blackpepper Beef
Varian mi instan lainnya yang juga tak kalah favorit di What’s Up Café adalah Indomie Blackpepper Beef. Berbeda dengan Indomie Oseng Mercon yang disajikan di dalam mangkuk, menu yang satu ini justru disajikan dengan menggunakan hot plate. Mi yang dimasak setengah matang diletakkan diatas hot plate, kemudian disiram dengan saus blackpepper yang lengkap dengan potongan daging sapi, bawang bombay, dan irisan cabai merah sebagai hiasan ini memberikan sensasi tersendiri ketika disantap.

dibaca 17.605x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.