Kuliner

Menikmati Kelezatan Churros Ala Spanyol Di Churreria

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Churros merupakan camilan khas Spanyol yang terbuat dari adonan tepung yang digoreng di dalam minyak panas. Camilan menyerupai donat dan sus ini memiliki bentuk memanjang dengan tekstur yang crispy di luar namun lembut dan padat di dalam. Churros biasanya disajikan dengan taburan gula halus, bubuk kayu manis, atau dengan cocolan cokelat.

Di negara asalnya, churros kerap dijual di acara festival ataupun di pinggir jalan dengan booth kecil. Meski begitu, peminat churros selalu ramai setiap harinya. Bahkan pembeli rela mengantre untuk mendapatkan camilan unik yang satu ini.

Melihat hal tersebut, seorang pengusaha berlatar belakang pendidikan di bidang properti, Kent Rusli merasa tergerak untuk membawa kudapan ini ke Tanah Air. Apalagi, camilan jenis ini belum banyak tersedia untuk model dine in.

“Saya dulu di Australia, sekolah, latar belakangnya properti. Awalnya saya dengan istri, kita bawa konsep ini sendiri. Kita sudah sempat lihat ke Spanyol, sudah research pasar juga disini. Sebenarnya churros sudah ada di sini, cuma mereka hanya berupa take away di booth kecil-kecil. Sedangkan saya pikir orang-orang Indonesia kan sukanya yang lifestyle ya, sedangkan di Spanyol sendiri juga hanya berupa gerobak-gerobak, tapi ngantrinya bisa panjang. Makanya saya pikir kalau saya bawa ini ke Indonesia dengan bikin booth kecil-kecil, kok sama saja. Sedangkan saya lihat orang Indonesia sukanya ke kafe, ngobrol-ngobrol. Jadi saya bikin dengan bentuk kafe seperti ini,” tutur Kent, pemilik Churreria kepada Sindonews belum lama ini.

Mengawali bisnis kuliner yang cukup unik ini membuat tantangan tersendiri bagi Kent dan sang istri, Marissa Dewi. Meski bukan sesuatu yang baru di Indonesia, Kent mencoba memperkenalkan kembali churros dengan konsep yang sedikit berbeda. Churreria menyediakan berbagai variasi menu yang ada.

“Awalnya yang ke sini pada bingung, ini (churros) tuh apa? Tapi makin lama orang sudah tahu. Sekarang sudah tau mau pesan apa. Untuk menunya sebenarnya kita sudah lumayan bervariasi, awalnya memang cuma dips (cocolan) doang. Kalau ke Dufan atau ke Disneyland, malah churros-nya cuma pakai cinnamon. Nah, kita coba introduce dips. Setelah enam bulan kemudian, kita introduce pakai es krim, sekarang ada filling-nya juga, jadi lumayan beraneka ragam juga sih,” beber dia.

1. Churros Original

Churros Original Churreria

Untuk menu favorit yang selalu dipesan oleh pelanggan setia Churreria adalah Churros Original dengan berbagai pilihan cocolan, seperti dark chocolate, dulce de leche atau caramel khas Spanyol, white chocolate, milk chocolate, dan cheddar cheese. Tak hanya cocolan atau dips, Anda juga dapat menikmati Churros Original ini dengan tambahan sprinkles atau taburan gula halus dan bubuk kayu manis yang juga dapat Anda pilih.

Orisinalitas dari churros memang jelas terasa pada menu yang satu ini. Tim Sindonews memesan Churros Original dengan taburan gula halus sebagai sprinkles dan dark chocolate dan cheddar cheese sebagai dips. Rasa churros yang tidak terlalu manis terasa pas ketika dicocol dengan dark chocolate yang pekat dengan rasa yang murni cokelat tanpa pemanis tambahan. Ketika berpadu dengan cocolan cheddar cheese, sensasi yang berbeda begitu terasa pada gigitan pertama. Gurihnya lelehan keju yang masih hangat juga tak kalah lezat ketika dinikmati bersama churros. Untuk harga Churros Original ini dibanderol dengan harga Rp32.000.

dibaca 4.062x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.