Kuliner

Menikmati Minum Teh Ala Inggris Di Bradley's British Tea House

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Orang Indonesia mungkin tidak punya tradisi Afternoon Tea atau High Tea. Inggris adalah negara yang memiliki budaya ini. Tapi, tak ada salahnya mengenal dan mencoba tradisi ini. Apalagi, Indonesia juga dikenal sebagai negara penghasil teh di dunia.

Jika Anda ingin mencoba sensasi menyeruput teh ala orang Inggris, Anda bisa pergi ke Bradley’s British Tea House. Kafe mungil di kawasan Senopati ini menyajikan beragam pilihan menu teh dengan penyajian mirip seperti minum teh di Inggris.

Tempat ini dibuka tanpa sengaja. Awalnya, kafe ini adalah tugas kuliah yang dilakukan Ernest Silanoe dan Ardiasa Putra. Keduanya mendapat tugas untuk membuat sebuah bisnis dari kampus mereka, Prasetiya Mulya Business School.

Kini, tugas kuliah itu justru membawa kedua sahabat ini meraih kesuksesan dari bisnis kuliner yang mereka tekuni, Bradley’s British Tea House yang memilih konsep penyajian teh sebagai menu utama mereka. Pemilihan konsep ini juga ternyata memiliki tujuan khusus yakni ingin memperkenalkan tradisi Afternoon Tea dan High Tea ke masayarakat Indonesia, khususnya Jakarta.

“Awalnya Bradley’s itu isinya anak-anak Prasetiya Mulya, ini tuh tugas akhirnya mereka. Awalnya kita cuma serving cakes, sama teh. Selama setahun, setelah itu kita renovasi jadi lebih besar, jadi sekarang kapasitas 40 orang, dan sekarang sudah bukan tugas kuliah lagi, jadi udah running business kayak biasa. Kita tuh pengen kasih tahu ke orang-orang di Jakarta, kalau sebenarnya Afternoon Tea tuh ada ciri khasnya sendiri. Karena kebanyakan orang-orang Jakarta tuh nge-teh kalau misalnya either dia lagi sakit, atau males pesen kopi. Nah, kita pengen nunjukin Afternoon Tea sama High Tea yang sebenarnya itu kayak gimana,” papar Savira Anisya, PR Marketing Bradley’s kepada Sindonews.

Berdiri sejak tahun 2014 dengan konsep awal yang murni sebagai tea house ala Inggris, Bradley’s memang hanya menyediakan berbagai varian teh dan dessert. Namun seiring berjalannya waktu, kini restoran yang terletak di Jl. Kertanegara No. 72, Senopati ini semakin berkembang dan menghadirkan berbagai variasi menu, termasuk makanan utama.

“Jadi di sini awalnya kita serving-nya benar-benar teh sama dessert, tapi sekarang kita juga sudah serving a la carte. Jadi yang awalnya kita benar-benar nyajiin konsep teh dari British banget, cuma mulai tahun kedua kita harus nyesuaiin sama local customer juga kan, jadi sekarang kita ada kopi, kita brewing sendiri, makanan berat sekarang juga ada,” tambah Savira.

1. Nayara White Tea
Nayara White Tea Bradley's
Menu andalan utama di Bradley’s British Tea House tentunya adalah teh. Namun, berbeda dengan teh pada umumnya, teh yang satu ini adalah signature tea dari Bradley’s yang sangat baik bagi tubuh karena kandungan kafein yang jauh lebih sedikit dibandingkan teh lainnya, yakni Nayara White.

Uniknya lagi, setiap teh di restoran ini disajikan lengkap dengan teapot dan cangkir bernuansa bunga seperti layaknya tea house di Inggris. “Iya orang-orang yang ke sini memang suka foto-foto. Mereka ke sini karena tempatnya homie, teapot kita juga lucu-lucu,” ujar Savira.

Nayara White juga disajikan dengan pilihan pemanis yang dapat Anda pilih, seperti gula pasir kemasan, gula cair, ataupun madu. Soal rasa, teh yang satu ini terasa begitu nikmat dan melegakan tenggorokan. Apalagi diminum saat masih hangat. Warnanya yang tidak terlalu pekat ternyata juga memiliki rasa yang begitu light, sehingga meskipun diminum tanpa tambahan pemanis, teh ini tidak terasa pahit dan tetap enak dinikmati. Untuk menikmati campuran teh lokal yang menyegarkan ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp63.000.

dibaca 3.575x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.