Kuliner

Menikmati Segarnya Mocktail Jamu Ala Suwe Ora Jamu

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Selain batik, wayang, angklung, nasi goreng, dan rendang, ada satu lagi warisan Nusantara yang juga perlu dilestarikan oleh masyarakat Indonesia. Warisan itu adalah jamu.

Minuman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan ini memang familiar bagi orang-orang berketurunan Jawa. Namun di berbagai daerah lain, khususnya Jakarta, jamu cukup sulit untuk ditemui. Bahkan, kini jamu seakan telah dilupakan oleh masyarakat Indonesia.

Hal inilah yang membuat Nova Setiabudi bersama sang suami, Uwi Manthovani berkeinginan untuk membuka sebuah kedai yang khusus menyediakan berbagai macam pilihan jamu. Mereka memberi nama kedai itu sebagai Suwe Ora Jamu.

“Dari kecil, di Surabaya, bu Nova memang sudah terbiasa minum jamu, sudah merasakan sendiri khasiatnya seperti apa, membuat tubuhnya lebih segar lebih sehat. Kemudian, waktu dia mulai banyak kegiatan di Jakarta, dia merasa ada satu yang hilang. Kebiasaan dia minum jamu di Surabaya itu ternyata sulit di dapatkan di sini (Jakarta), kalaupun ada itu hanya kedai-kedai di pinggir jalan yang kebanyakan abang-abang disana. Mereka hanya minum jamu kuat, jamu stamina. Jadi bu Nova berpikir, untuk wanita kok sulit ya untuk mendapatkan tempat yang nyaman untuk minum jamu,” ungkap Jonathan Lesmana, Managing Director Suwe Ora Jamu kepada Sindonews belum lama ini.

Berangkat dari hal tersebut, Nova dan sang suami resmi membuka kedai Suwe Ora Jamu pada bulan Februari 2013 silam dengan harapan kedai jamu ini dapat menjadi tempat yang nyaman bagi mereka yang gemar dan rindu untuk meminum jamu. Tempat ini juga diharapkan bisa memperkenalkan jamu terutama kepada generasi muda.

“Nah jadi akhirnya, bikin suatu kedai, tapi justru bukan kedai kopi yang dibikin, tapi kedai jamu. Tempat ini dibikin untuk menjadi tempat yang cukup nyaman bagi mereka yang suka minum jamu dan juga jadi display untuk memperkenalkan jamu, terutama ke generasi muda saat ini. We’re doing business tapi nggak hanya itu. Kita ingin satu hal yang lebih dari itu yang kita lihat memang bermanfaat untuk banyak orang,” papar Jonathan.

Untuk pilihan jamu yang disediakan kedai Suwe Ora Jamu cukup beragam, mulai dari jamu paitan, jamu house blend dan jamu mocktail. Jamu paitan adalah jamu sachet yang diseduh dan disajikan bersama dengan segelas wedang jahe sebagai penawar rasa pahit. Jamu sachet yang dipilih oleh kedai jamu ini adalah merk jamu Iboe yang merupakan perusahaan jamu tertua di Indonesia.

Jamu Iboe telah hadir di Surabaya sejak tahun 1910 dan telah dikenal dan terbukti khasiatnya untuk kesehatan. Untuk menikmati jamu paitan yang memiliki banya khasiat, seperti untuk pegal linu, melancarkan peredaran darah, meredakan perut kembung, dan lain sebagainya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 12.000.

Jamu Botol Suwe Orea Jamu

Jamu Botolan Suwe Ora Jamu
Suwe Ora Jamu menyediakan jamu botolan yang bisa diminum di tempat atau dibawa pulang oleh para pengunjung.

dibaca 5.944x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.