Health

Minum Kopi 3x Sehari Bantu Kinerja Organ Vital Manusia Ini

Written by Satrio Elang
MELBOURNE - Anda dengan rekan sekantor atau bersama kawan lama masih sering jalan bareng keluar alias hangover? Kemungkinan besar salah satu dari Anda memesan minuman kopi bukan?

Atau malah ada salah satunya yang merupakan penggila, pecinta atau penikmat kopi. Orang itu lantas memesan macchiato, kopi espresso yang ditambah susu dan rasanya bisa disesuaikan, mau cokelat, mocca, stroberi dan lain-lain.  

Perlu diketahui jika kandungan kafein pada kopi espresso tadi (macchiato) beberapa kali lebih banyak ketimbang kopi sachet yang biasa kita minum setiap hari di kantor atau rumah.

Namun Anda yang senang minum kopi jelas tak berpengaruh soal itu bukan? Karena minum kopi, menurut ribuan penelitian yang sudah ada, dapat memberi efek meningkatkan konsentrasi, sekaligus tenaga.

Tapi mungkin yang ini belum Anda dengar. Seperti yang dilansir dari situs metro.co.uk terhadap sebuah penelitian terbaru tentang dampak meminum kopi.

Dr Alex Hodge, seorang konsultan gastroenterologist dan spesialis penyakit liver di Monash University, Melbourne, Australia.

Mengklaim bahwa meminum tiga cangkir kopi setiap hari, dapat membantu orang yang mempunyai masalah pada liver (hati).

Dalam riset terbarunya itu, sang dokter melibatkan sekitar 1.100 pasien yang memiliki masalah atau terkena berbagai variasi dari penyakit hati, seperti hepatitis C, hepatitis B atau hati yang berlemak yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berat dengan kapasitas optimal.’

Seluruh pasien ini yang disuruh meminum kopi, menunjukkan peningkatan dalam kinerja organ liver mereka, khususnya para pasien yang mengidap hepatitis C.

Akan tetapi, Dr Hodge masih belum mengetahui alasan itu untuk sementara waktu. Dia masih akan melakukan riset lanjutan guna menemukan penjelasan maupun penyebabnya.

dibaca 10.080x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.