Kuliner

Nachos A La Asia, Kudapan Khas Meksiko Dengan Bumbu Khas Asia

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Siapa yang tidak kenal dengan nachos? Kudapan khas Meksiko ini kerap menjadi sajian favorit untuk disantap bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Jika biasanya nachos menggunakan keripik jagung, kini Anda dapat membuat inovasi jika ingin menyajikannya di rumah, yakni dengan mengganti keripik jagung dengan kulit pangsit.

Untuk menambah cita rasa tumisan dagingnya, Anda juga dapat menambahkan kecap dan saus sambal yang sangat cocok di lidah orang Asia. Berikut resep dan cara membuat Nachos A La Asia dari Taste.com.au yang dapat Anda coba di rumah.
 
Bahan-bahan:
150 gram kulit pangsit, iris diagonal
2 sdm minyak zaitun
1 bh bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
1 paprika merah ukuran kecil, buang bijinya, cincang halus
3 siung bawang putih, hancurkan
3 sdt jahe, parut
700 gram daging sapi cincang
2 sdm saus hoisin
2 sdm kecap manis
2 bh wortel ukuran kecil, bentuk menjadi pita
3 bh bawang bombay, iris tipis diagonal
Daun ketumbar secukupnya
1 sdm cuka
65 gram krim asam
1 sdm saus sambal sesuai selera
Garam dan merica secukupnya
 
Cara membuat:
1. Panaskan oven 220 derajat Celsius. Siapkan loyang dan nlapisi dengan kertas roti. Susun kulit pangsit dalam loyang kemudian oleskan dengan minyak. Bumbui dengan garam dan merica, panggang selama 5—6 menit atau sampai keemasan dan renyah.
 
2. Panaskan minyak 1 1/2 sdm dalam wajan dengan api besar. Tambahkan bawang dan paprika, kemudian masak, aduk selama empat menit atau sampai lunak. Tambahkan bawang putih dan jahe. Aduk kembali selama 1 menit atau sampai aromanya tercium. Tambahkan daging cincang, masak kembali selama 5—6 menit atau sampai matang. Tambahkan saus hoisin dan kecap manis, aduk rata, masak selama 2 menit.
 
3. Campurkan wortel, bawang merah, daun ketumbar, cuka dan sisa minyak ke dalam mangkuk. Bumbui dengan garam dan merica. Sementara itu, campurkan krim asam dan saus sambal dalam mangkuk kecil, bumbui dengan garam dan merica.
 
4. Tempatkan campuran daging cincang dan keripik pangsit di atas piring saji, kemudian tambahkan salad wortel diatasnya. Sajikan dengan tambahan campuran krim asam.



(alv)
dibaca 2.007x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.