Music

Nick Menza Redam Perseteruan Metallica Dan Megadeth

Written by Satrio Elang
LOS ANGELES - Kabar meninggalnya Nick Menza tak hanya jadi fokus perhatian Megadeth, bahkan Metallica yang pernah menjadi seteru abadinya angkat bicara atas meninggalnya Menza pada Sabtu malam lalu saat Menza sedang manggung.

James Hetfield mengatakan ketertarikannya atas gaya permainan Nick Menza membawakan lagu-lagu Megadeth, menurutnya saat dia menabuh drum jiwanya sangat menyatu bahkan tanpa malu-malu James mengakui kepiawaian Nick memukul dru,

 "Aku sudah menjadi penggemar drum Nick untuk waktu yang lama. Nick adalah pria hebat dan dia salah satu  drumer menonjol, dan kini dia telah tiada, kami turut bersedih" tutur James seperti dilansir loudwire, Senin (23/5/2015).

James akui Menza pernah  mengerjakan proyek bersama LoMenzo dengan membawakan 'Motorbreath.' album pertama Metallica Kill Em All. Hal itu sempat disinyalir sebagai usaha Menza untuk meredam rivalitas Metallica dan Megadeth.

"James adalah pemain top dengan suara seperti pembunuh dan aku benar-benar dipompa untuk seperti dia. Bahkan kami Megadeth  resmi mengukuhkan James adalah line up kami," tutur Menza saat diutarakan kembali oleh James.

Seperti diketahui, Metallica dan Megadeth. bahwa keduanya sering terlibat persaingan dan perselisihan. Rivalitas kedua band ini begitu terlihat dari lagu-lagu yang mereka ciptakan. Keduanya berusaha menjadi yang terbaik di dunia musik metal. “Kompetisi” antarkeduanya pun tak jarang menimbulkan gesekan di antara para personilnya.

Jika Dave Mustaine tidak didepak dari Metallica mungkin Megadeth tidak akan pernah ada. Yups, salah satu personil Megadeth yaitu Dave Mustaine adalah mantan personil Metallica. Pada 1983, Dave dikeluarkan lantaran terlibat perselisihan dengan vokalis Metallica, James Hetfield. Dave diduga mengalami ketergantungan terhadap obat-obatan dan alkohol, serta kurang klop dengan personil Metallica lainnya. Posisi Dave Mustaine kemudian digantikan Kirk Hammet yang hingga kini masih menjadi bagian penting dari band Metallica.

Setelah keluar dari Metallica, Dave Mustaine  Membentuk Megadeth pada tahun 1983, setidaknya Megadeth sudah puluhan kali gonta ganti personel. Band ini meraih puncak kepopuleraannya pada era 1990-an saat bergabungnya gitaris legendaris mereka Marty Friedman dan sang drummer Nick Menza. Namun pada 1999 keduanya harus hengkang karena ingin mengejar karirnya masing-masing. Megadeth lalu sempat vakum pada tahun 2002 karena sang vokalis mengalami cedera otot, namun mereka bersatu kembali pada tahun 2004. Lain halnya dengan Metallica yang personelnya relatif awet. Tidak banyak perubahan personil sejak bergabungnya Kirk Hammet pada 1983.

Sampai dengan tulisan ini dibuat, Megadeth pernah meraih 4 penghargaan dari Genesis Awards, Metal Hammer Golden Golds Awards, dan Full Armor of Gold Broadcast Full Armos Awards, dan mencapai 12 nominasi. Sementara itu Metallica meraih 24 penghargaan dan 59 nominasi, di antaranya dari American Music Awards, Billboard, Grammy, dan MTV Music Awards. Jadi dalam hal jumlah penghargaan Metallica masih lebih unggul.

Rivalitas kedua band thrash metal ini tetap berlanjut hingga akhir tahun 2000-an, meski tensi persaingannya tidak sekeras dulu. Dave Mustaine sendiri yang dulunya sangat ingin mengalahkan Metallica, sejak 2009 mulai mengakui band rivalnya itu layak dinobatkan sebagai salah satu band metal terbaik di dunia. Hal tersebut terkait dengan dianugerahinya Metallica masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame.

dibaca 5.501x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.