Ragam

Pagelaran Wayang, Galang Dana Bagi Anak Korban HIV/AIDS

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Sederet artis papan atas menggelar aksi galang dana untuk anak-anak korban penderita HIV/AIDS di Indonesia.  Aksi yang dikemas dalam bentuk pementasan wayang orang Pandawa Bajang ini rencananya digelar pada 24 November 2016, di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

Di antara artis yang terlibat dalam pementasan itu adalah Titiek Puspa, Slamet Raharjo, Tukul Arwana, Bambang Pamungkas, Shelomita, Aura Kasih, Deasy Noviyanti, Dian Nitami, Adella Fauzi, Naomi Ivo, Hong Soon-Hak, Sutanto Tan, dan Roberto Lorini.

Pegelaran ini juga melibatkan 200 penari yang terdiri dari anak-anak, orang tua, pemain bola klub Persija, dan para penari profesional Paguyuban Wayang Orang Bharata.

Ketua Panitia Pagelaran Wayang Pandawa Bajang Sinta Roosdiono mengatakan, pagelaran ini dimaksudkan untuk melestarikan dan menanamkan kecintaan pada seni dan budaya bangsa Indonesia.

"Terutama kepada anak-anak yang semakin kehilangan ruang dalam mengapresiasi seni tradisional Indonesia," katanya dalam Konferensi Pers, di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Selain itu, pihaknya juga ingin menarik simpati masyarakat terhadap penyebaran virus HIV/AIDS yang sangat memprihatinkan. Apalagi banyak dari korban virus tersebut adalah anak-anak yang tidak berdosa.

"Hasil dari pagelaran Wayang Bajang akan disumbangkan kepada Syair.org, yakni yayasan yang banyak mendampingi anak-anak yang hidup dengan HIV/AIDS," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Syair.org Deasy Noviyanti mengatakan, jumlah anak penderita HIV/AIDS terus mengalami peningkatan. Hal ini sangat memprihatinkan.

"Kian banyaknya orang yang hidup dengan HIV/AIDS, termasuk anak-anak membuat kita patut prihatin. Kami dari Syair untuk Sahabat Foundation terus mengajak berbagai kalangan untuk turut peduli," pungkasnya.



(nfl)
dibaca 2.638x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.