Info Menarik

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Mempersiapkan Tanah Hingga 500 Ribu Hektar Untuk Penghapusan Modal – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menunjukkan keseriusannya untuk mempersiapkan Kota Palangkaraya sebagai ibukota baru yang baru saja dibahas dengan hangat menggantikan Jakarta.

Hal ini dihinggakan langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Forum Perkembangan Indonesia 2017 yang bertempat di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2017).

Bahkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyiapkan lahan seluas 300 ribu hingga 500 ribu hektar untuk mendukung proyek pemindahan modal tersebut.

Hal ini dihinggakan langsung oleh Sugianto di depan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

"Pengalihan modal tak mudah, tapi saya sebagai gubernur yang diresmikan presiden menyatakan Kalimantan Tengah siap menjadi ibu kota negara dan bahkan kita telah menyiapkan lahan seluas 300-500 ribu hektare untuk negara Modal, "jelasnya.

Sugianto mengakui pemindahan modal negara bukanlah hal yang mudah, namun dia menegaskan bahwa modal negara perlu dipindahkan dari Pulau Jawa untuk menbisakan pusat ekonomi baru di Indonesia.

"Bahkan Pak Jusuf Kalla mengatakan bahwa ada kebutuhan untuk memindahkan lokasi ibukota, ibu kota patut digerakkan sehingga ada keseimbangan pusat ekonomi baru di Indonesia yang diketahui berpusat di Jakarta, "Jelasnya.

Wacana transfer modal telah bergulir dengan hangat akhir-akhir ini.
Bappenas sebagai kementerian terkait mengaku masih mengkaji kemungkinan pemindahan modal.

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.