Music

Pemprov DKI Jakarta Gelar Festival Musik Jazz Gratis

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Festival Musik Jazz 2015 yang digelar langsung pada Sabtu (19/9/2015) mendatang disponsori langsung oleh Pemprov DKI Jakarta. Pemprov DKI percaya musik jazz dapat menyatukan keanekaragaman masyarakat Jakarta.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata DKI Jakarta Cucu mengatakan, sebagai ibukota yang mejadi salah satu destinasi wisata Internasional dengan keanekaragaman wisata dan budaya masyarakatnya, Pemprov DKI Jakarta senantiasa berupaya menyelenggarakan event-event kreatif baik tingkat nasional maupun internasional.

Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan suatu Festival Musik Jazz sebagai salah satu Daya Tarik Pariwisata kota Jakarta dengan nama Enjoy Jakarta Jazz Festival 2015.

"Kami tidak memungut biaya pada acara festival jazz ini. Musik Jazz ini pertamakali dipelopori oleh DKI dan rencananya akan diadakan pada pukul 13.00—22.00 WIB. Kami harap acara ini dapat dijadikan agenda tahunan untuk menarik para wisatawan lokal dan asing," papar Cucu melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Cucu menjelaskan, dengan tema “Gelora Jakarta”, Enjoy Jakarta Jazz Festival 2015  hadir dengan statement Jazz For You bagi seluruh komponen kehidupan kota Jakarta. Menurut dia, tema ini merepresentasikan semangat dari para musisi untuk memberikan suguhan musik yang berkualitas dan menciptakan semangat kebersamaan bagi para warga Jakarta.

Artinya, festival ini menekankan kembali kepada masyarakat Jakarta tentang arti penting dari kebersamaan, sebuah ciri yang khas yang memiliki banyak warna dan memberikan arti sesungguhnya dari kehidupan dinamis Jakarta, sehingga diharapkan masyarakat dapat melihat keutuhan Jakarta melalui keberagamannya.

"Tujuan besar dari acara ini tetnunya untuk meningkatkan kualitas event Musik Jazz sebagai Atraksi Wisata Kota Jakarta. Kami juga berharap, kegiatan musik jazz ini menjadi media promosi sebagai daya tarik pariwisata dan budaya Kota Jakarta," kata dia.

Ketua panitia Enjoy Jakarta Festival 2015, Jefry menuturukan, selain dihadiri musisi-musisi jazz ternama seperti Ireng Maulana dan Syaharani, pihaknya juga menyediakan Jajanan Street Food kuliner khas Nusantara yang sedikitnya tersedia delapan booth untuk masing-masing tenant menujnukan ciri khas kuliner nusantara. Selain itu, lanjutnya, ada juga kegiatan Charity dari komunitas antara lain, seperti B.O.I (Benelli Owner Indonesia ), KBC (Kawasaki Badwolves Club), dan sebagainya.

"Ada juga Jazz with Benefit Festival Bazaar yang dapat menggalang pengunjung lebih banyak dengan membawa dampak peningkatan ekonomi bagi segala usaha," ujar dia.

Sementara itu, Ireng Maulana selaku ikon musik jazz menyebutkan, selain ikut berpartisipasi dalam festival 2015 kali ini, sejumlah musisi jazz juga akan turut meramaikannya. Di antaranya, Sandhy Sondoro, Reza Artamevia, Syaharani, Inna Kamarie, Teza Sumendra, Andita, Beben Jazz, Yuyun George & Jazmint Brass Band feat Lana Niti Baskara dengan MC Jamie Aditya dan Wiewied Salma.

dibaca 9.917x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.