Info Menarik

Penampilan Singkong Raksasa Stun Gunungkidul – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNEWS.COM, GUNUNGKIDUL – Tanaman singkong raksasa penduduk Purwodadi, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, diarak dalam konteks Budaya Bersih Kirw Desa Purwodadi

Prosesi singkong raksasa menjadi pusat perhatian warga Purwodadi, bahkan di luar daerah.

Dilaporkan dari portal Tribratanews, warga berdesak-desakan menyaksikan singkong raksasa yang diarak dari lapangan Purwodadi yang dipelintir ke dalam desa.

Warga yang memadati jalan Pantai Siung dan jalan menuju Girisobo dihibur dengan hadirnya patung singkong raksasa yang diarak oleh para peserta karnaval.

Baca: Heboh, Sumur Tua di Tembakan Api Demak, Bisa Bahan Bakar Ubi Kayu

Budaya Kirab diikuti oleh hampir seluruh komponen masyarakat dusun Kenis, Gesing, Brongkol dengan jalur lapangan Purwodadi, Tepus memasuki desa dan hingga di Balai Desa Purwodadi.

Kontestan dimulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Dari masing-masing kelompok menampilkan seni dan budaya masing-masing.

Selain itu, seni reog, jathil, tarian uyon-uyon juga meramaikan karnaval budaya yang dipegang oleh Purwodadi Purwodih Bersih panitia.

Baca: Veteran Perang Asal Gunungkidul Akhirnya Diadakan setelah 11 Tahun Menyimpan

Sehingganya di Balai Desa Purwodadi, sebuah prosesi singkong raksasa disambut oleh Muspika Tepus beserta tokoh agama, tokoh masyarakat dan suara gamelan.

Untuk menguraikan kepadatan arus lalu lintas selama prosesi pada hari Rabu (9/9/2017), Polisi Tepus dibantu oleh anggota Linmas ditempatkan di lokasi tabut rute karnaval budaya.

Kanit Sabhara Iptu Jaka Sarjono selaku petugas keamanan bersama petugas Polisi Tepus dan anggota Bhabinkamtibmas segera berinisiatif untuk memindahkan arus lalu lintas, sehingga arus lalu lintas kembali normal. (Humas Polres Gunungkidul)

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.