Info Menarik

Rangking Indonesia Terbaik Untuk Parlemen Terbuka – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNEWS.COM – Koordinator Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Bernardo R. Agawin, penyedia layanan pengembangan teknologi untuk AIPA di bawah payung organisasi swadaya Jerman, mengatakan bahwa House ialah yang paling terbuka Parlemen di antara negara-negara Asia Tenggara.

Hal ini dinyatakan sebagai pembicara AIPA Connect Roadshow yang diselenggarakan oleh Biro Kerjasama Antar Parlemen Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat bekerjasama dengan Sekretariat AIPA (Asean Inter-Parliamentary Assembly) di Gedung Parlemen, Senayan , Jakarta, Rabu (09/8).

"Kami mengukur bagaimana aspek transparansi dalam proses penganggaran, kami mengerjakan penelitian, dan ternyata Indonesia ialah peringkat teratas karena memiliki praktik terbuka dan transparan kepada pemangku kepentingan," kata pria Filipina tersebut.

Selanjutnya, menurut dia, hal ini juga didukung oleh keterbukaan DPR terhadap perkembangan teknologi informasi. "Misalnya DPR memiliki media online dan TV Parliament, sehingga masyarakat bisa melihat apa yang sedang dibahas dan ke arah mana anggaran politik diarahkan," lanjutnya.

Sementara itu, masih dinyatakan bahwa tujuan dari AIPA Connect Roadshow sejalan dengan keinginan untuk mengintegrasikan negara-negara Asean.

Melalui AIPA Connect, sebagai platform elektronik, akan memudahkan saluran komunikasi bagi pengguna untuk memungkinkan pengguna mempelajari dan berbagi informasi. Sebagai tujuan AIPA untuk memulai Asean Connectivity pada tahun 2025.

Hal serupa diungkapkan KSAP Cabang Endah Tjahjani Dwirini R., konektivitas menjadi signifikan, terutamanya dengan diberlakukannya Asean Economic Community (MEA).

Menurutnya, platform AIPA Connect akan memudahkan pertukaran informasi. Tidak hanya soal produk legislasi, tapi jauh di depan, masing-masing bisa mempelajari sistem parlementer masing-masing negara.

Indonesia ialah negara ke-7 seri AIPA Connect Roadshow. Sebelumnya, Sekretariat AIPA telah mengunjungi negara-negara AIPA lainnya, yaitu Manila, Hanoi, Bangkok, Na Pyi Taw, Phnom Penh dan Bkamur Seri Begawan.

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.