Ragam

'Santap 5 Kuliner Ikonik Bali Ini, Bikin Kita Makin Sehat'

Written by Satrio Elang
UBUD - Masakan Bali dikenal sebagai salah satu masakan paling kompleks di dunia, karena menggunakan variasi yang luar biasa dari bumbu dan rempah-rempah dicampur dengan sayuran mentah, daging serta ikan.

Penggunaan variasi bahan dasar ini, didasarkan pada prinsip keseimbangan dan tradisi menggunakan makanan sebagai salah satu sarana dalam melaksanakan upacara adat maupun keagamaan di Bali atau sesajen.

Lawar adalah contoh salah satu masakan khas Bali yang memadukan penggunaan bahan dasar aneka sayuran, daging cincang, kelapa dan berbagai bumbu alami. Aneka sayuran yang digunakan adalah buah nangka muda, buah pepaya muda.

Kemudian ada berbagai jenis daun seperti daun belimbing dan daun jarak, kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang merah dan lain-lainnya. Ini masih dicampur daging cincang yang bisa berasal dari sapi, ayam atau itik.

Sedangkan bumbu alami yang digunakan umumnya terdiri dari lengkuas, kunyit, jahe, kencur, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, kelapa, cabe rawit, terasi, daun jinten dan sereh.

Nah, Sarihusada kembali mengajak masyarakat untuk mengenal makanan lokal dan gizi yang terkandung di dalamnya melalui program ‘Jelajah Gizi’. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal memiliki makanan khas yang enak rasanya dan mengandung ragam gizi adalah Bali.

Program ‘Jelajah Gizi’ merupakan upaya memperkenalkan potensi makanan daerah dan zat gizi di dalamnya. Program ini dijalankan oleh Sarihusada melalui kunjungan di berbagai daerah dengan mengajak wartawan dan blogger serta pendampingan oleh pakar gizi.

Adapun, kegiatan yang digelar selama 3 hari, pada 30 Oktober-1 November 2015 tersebut, didampingi Profesor Ahmad Sulaeman, Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Chef Muto (Kung Fu Chef).

Berikut ini, adalah sejumlah pangan tradisional unggulan Bali yang populer di Indonesia maupun mancanegara dan jadi ikon kuliner tradisional yang punya banyak manfaat buat kesehatan, yang sudah ditelaah melalui program ‘Jelajah Gizi’ Sarihusada.

Sate Lilit khas Bali

dibaca 5.688x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.