Music

Sepekan, Album Baru Taylor Swift Terjual 1,287 Juta Kopi

Written by Satrio Elang
LOS ANGELES - Taylor Swift menorehkan prestasi luar biasa pekan ini setelah album terbarunya, 1989, terjual 1,287 juta kopi hanya dalam waktu sepekan.

Ini adalah album ketiga Taylor yang berhasil terjual di atas angka 1 juta keping hanya dalam waktu sepekan. Pada 2010, album Speak Now terjual 1,047 juta dan pada 2012, Red terjual hingga 1,21 juta pada pekan pertama sejak dirilis.

1989 juga merupakan album terlaris kedua sedunia pada tahun ini setelah album soundtrack film Frozen.

“Dia benar-benar seorang anomali yang hebat, tak seperti artis lain. Ketika penjualan album turun 14%, dia justru menyakinkan konsumen agar mau membeli album. Mereka ingin pengalaman utuh dan komplit Taylor Swift dan pengalaman itu termasuk membeli album,” papar Keith Caulfield, associate editor tangga lagu/penjualan di Billboard, seperti dikutip USA TODAY.

Hingga saat ini, hanya 18 album yang bisa terjual hingga jutaan kopi dalam sepekan. Eminem mencatatkan The Eminem Show sebagai album yang terjual hingga 1,322 juta dalam pekan pertama sejak dirilis pada 2002, kemudian Oops! … I Did It Again milik Britney Spears juga laku hingga 1,319 juta kopi pada 2000. Taylor berada di urutan setelahnya.

Penjualan 1989 ini juga berhasil melampaui proyeksi industri. Awalnya, analis memprediksi album itu bakalan terjual sekitar 1,1 juta keeping. Tiga pekan lalu, angkanya bahkan diturunkan hingga 750.000. “Begitu albumnya dijual di toko, tiap hari angkanya terus meningkat. Album itu lebih laku dari yang diantisipasi para analis,” ujar Caulfield.



(alv)
dibaca 1.480x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.