Health

Sering Menstruasi Berlebihan? Begini Cara Mengatasinya!

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Setiap bulan wanita akan mengalami menstruasi dengan beragam keluhan. Mulai dari kram perut, mual, sakit kepala, nyeri hingga pegal-pegal. Namun tak hanya itu, keluhan saat mensturasi yang juga kerap dirasakan para wanita adalah aliran darah menstruasi yang terlalu deras.

Kondisi ini pun bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Shape.

1. Pakai alat kontrasepsi

Sebuah penelitian wanita menggunakan alat kontrasepsi IUD hormonal dan mengonsumsi pil KB. Setelah lima tahun penelitian, kedua kelompok mengaku ada perbaikan saat menstruasi dan berdampak baik pada hidup mereka. Untuk mendapatkan alat kontrasepsi yang pas, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan.

2. Minum ibuprofen

Mengonsumsi zat antiinflamasi, seperti ibuprofen bisa membantu mengurangi aliran darah. Salah satu penelitian yang diterbitkan di jurnal Obstetrics and Gynecology menyatakan, bahwa asam mefenamic atau obat antiinflamasi bisa mengurangi aliran darah 20-30%.

3. Minum jus tomat
Saat menstruasi wanita akan kehilangan banyak darah yang mengakibatkan pusing. Untuk mengatasinya bisa mengonsumsi jus tomat. Jus ini baik dikonsumsi saat menstruasi sedang banyak dan saat sedang berolahraga.

4. Minum suplemen zat besi
Mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging merah, kacang-kacangan, ikan, telur dan daging ayam baik dikonsumsi saat menstruasi. Pasalnya, saat menstruasi berlangsung, wanita akan kehilangan banyak zat besi.



(alv)
dibaca 4.281x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.