Resensi

Sinopsis Film Skakmat

Written by Satrio Elang
JAKARTA - Skakmat mengisahkan tentang Jamal, seorang tukang ojek yang hobi main catur. Dia bermimpi membuka usaha cuci motor di dekat pangkalan ojeknya. Sayang, modalnya tak ada. Sementara, sang ibu, Rodiah, mengancam anaknya itu jika tak segera mengubah hidupnya, tanah warisan yang seharusnya jatuh ke tangannya akan menjadi milik sepupunya.

Di sisi lain, kehidupan asmaranya pun tak berjalan mulus. Orang tua Mirna, sang pujaan hati, menentang hubungan mereka karena pekerjaan Jamal yang dianggap tak jelas.

Sampai suatu hari, Jamal diminta Ivan—yang dia kenal secara tidak sengaja—untuk mengantarkan Dito, seorang kurir heroin, ke Bos Tanah Tinggi. Jamal lantas diberi uang Rp10 juta dan imbalan Rp90 juta jika sanggup menyelesaikan tugas itu. Tergiur dengan besarnya uang itu, Jamal pun menyanggupinya.

Sementara, Ivan tahu bahwa Dito sedang diincar Mami Tuti—seorang Bandar judi yang dendam pada Dito yang telah membuat adiknya patah hati dan jadi pencandu narkoba atau junkie. Ivan pun langsung kabur ke Hong Kong bersama istrinya untuk menghindari pantuan Bos Tanah Tinggi usai memberikan tugas untuk Jamal.

Mengantar Dito ternyata tidak semudah bayangan Jamal. Mereka berdua harus menghadapi anak buah Mami Tuti yang memang diperintahkan juga untuk memburu Dito. Arini, anak Dito, adalah alasan Dito untuk menghentikan Bos Tanah Tinggi yang akan menyebarkan heroinnya ke dalam permen.

Dito takut kalau Arini menjadi korbannya. Ditemani Jamal, Dito pulang ke rumahnya untuk bertemu Arini. Perlakuan Jamal agar Dito terlihat layak di depan ibu dan anaknya membuat ibu Dito terenyuh.

Berhasilkah Jamal membantu Dito melepaskan diri dari kejaran Mami Tuti? Mampukah Jamal mengantarkan Dito ke tempat Bos Tanah Tinggi? Bagaimana akhirnya kisah cinta Jamal dan Mirna beserta impiannya membuka usaha cuci motor? Ingin tahu jawabannya, tonton film ini mulai 26 November di bioskop kesayangan Anda!

Sutradara: Ody C Harahap   
Penulis Skenario: Salman Aristo   
Pemain:
- Tanta Ginting sebagai Jamal
- Donny Alamsyah sebagai Dito
- Hannah Al Rasyid sebagai Mami Tuti
- Cecep Arif Rahman sebagai Bos Tanah Tinggi
- Karenina
- Peter Taslim
- Anna Shirley
- Titiek Sandhora
- Sutan Simatupang
- Melissa Karim



(alv)
dibaca 17.380x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.