Music

Stairway To Heaven Dituduh Jiplakan, Led Zeppelin Hadapi Gugatan

Written by Satrio Elang
LOS ANGELES - Lagu Stairway to Heaven adalah salah satu lagu yang wajib dikenal para pencinta rock. Lagu ini pun sudah lekat sekali dengan nama band pembawanya, Led Zeppelin. Nah, setelah 45 tahun berlalu, kelegendarisan lagu ini pun terusik. 

Inilah yang terjadi saat ini. Stairway to Heaven yang ditulis dua pentolan Led Zeppelin, Robert Plant (vokal) dan Jimmy Page (gitaris), itu dituding adalah hasil jiplakan. Tak pelak, mereka pun digugat ke pengadilan.

Hakim Pengadilan Distrik AS Gary Klausner menyebut, Stairway yang dirilis pada 1971 dan sebuah instrumental berjudul Taurus yang dibuat band Spirit pada 1967 sangat mirip. Kemiripan ini cukup bisa membuat juri memutuskan apakah Robert dan Jimmy bisa dituntut atas pelanggaran hak cipta.

Sidang untuk kasus ini dijadwalkan digelar pada 10 Mei mendatang. Gugatan itu diajukan Michael Skidmore, wali mendiang Randy Wolfe atau Randy California. Randy adalah gitaris Spirit sekaligus komposer Taurus.

Menurut Michael, Jimmy mungkin terinspirasi menulis Stairway untuk Led Zeppelin setelah mendengar Spirit membawakan Taurus ketika dua band itu tur bersama pada 1968—1969. Tapi, sampai lagu itu dirilis dan menjadi hits, Randy tidak pernah mendapatkan kredit.

Sementara, tergugat menyebut Wolfe adalah seorang penulis lagu sewaan yang tidak punya klaim hak cipta. Mereka juga menegaskan, progresi kord lagu itu begitu klise sehingga tidak layak mendapatkan perlindungan hak cipta.

Tapi, hakim mengatakan, seorang juri bisa menemukan persamaan substansial antara dua menit awal Stairway dan Taurus. Dia menyebutnya sebagai segmen yang paling bisa dikenali dan terpenting dalam dua lagu itu.

“Meskipun benar bahwa penurunan progresi empat kord kromatik itu konvensi yang biasa terjadi di industri musik, persamaan di sini melampaui struktur inti tersebut. Apa yang tetap menjadi penaksiran subjektif terhadap ‘konsep dan rasa’ dua karya ini, sebuah tugas yang tidak lebih cocok lagi bagi seorang hakim ketimbang seorang juri,” tutur Klausner yang dikutip Reuters.

Sebelumnya, Klausner telah menolak gugatan yang diajukan terhadap bassist Led Zeppelin John Paul Jones dan Warner Music Group Corp. Dia juga menegaskan, wali hanya bisa mendapatkan 50% dari ganti rugi yang diberikan, mengutip kontrak yang ditandatangani Randy pada 1967.

“Pada kasus ini, dari perspektif kami, selalu tentang memberikan kredit, dimana kredit itu wajar, dan sekarang kami harus membetulkan kesalahan itu,” ujar seorang pengacara Michael, Francis Malofiy.

dibaca 3.895x

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.