Info Menarik

Suciwati Kecewa Mahkamah Agung Tolak Kasasi TPF Munir – Tribunnews.com

Written by Satrio Elang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Suciwati, istri aktivis hak asasi manusia Munir Said Thalib, kecewa dengan langkah pemerintah yang tidak ingin mengungkapkan laporan investigasi Tim Pencari Fakta (TPF).

Suciwati juga mengaku kecewa dengan keputusan Mahkamah Agung (MA) atas permohonan banding yang diajukan oleh Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) pada tanggal 27 Februari 2017.

"Kami mempertimbangkan keputusan ini untuk menghentikan pengharapan bahwa Mahkamah Agung dapat membuka kembali kemungkinan untuk mengungkap kasus Munir," kata Suciwati di kantor Kontras di Kramat, Jakarta Pusat, Rabu (16/6/2017).

Bahwa menurut Suciwati, jika mengacu pada Pasal 9 ayat 3 Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2011 tentang Tata Cara Penyelesaian Perselisihan Informasi Publik di Pengadilan

Mahkamah Agung jelas memiliki tugas untuk memutuskan dalam waktu 30 hari paling lama dari Panel Hakim.

Namun, karena sejak mengajukan banding pada tanggal 27 Februari 2017, Kontras termasuk keluarga Munir mengklaim bahwa mereka hanya menerima surat pemberitahuan dari Panitera PTUN Jakarta yang menyatakan bahwa mereka telah mengajukan berkas banding Ke MA pada tanggal 11 April 2017.

"Harus dipertanyakan apakah pengangkatan Majelis Hakim untuk kasus ini memakan waktu lebih dari satu bulan sampai keputusan baru diakhiri pada 13 Juni 2017," kata Suciwati.

Suciwati mengatakan bahwa penolakan kasasi tersebut mengindikasikan bahwa Hakim Kasasi tidak memahami pentingnya informasi publik.

Menurutnya, ini bisa menjadi preseden buruk bagi praktik administrasi dan budaya transparansi pemerintah.

"Selain penyampaian hasil kasasi tidak menunjukkan ketidakprofesionalan dan bentuk dari ditinggalkannya perselisihan informasi publik yang hasilnya telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat," katanya.

Source link

About the author

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.